5 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Jum'at, 01 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Berbagai manfaat daun mimba menjadikannya obat rumahan yang wajib dimiliki. Daun ini diresepkan meringankan kesulitan pencernaan, dan mengurangi risiko kanker. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Berbagai manfaat daun mimba menjadikannya obat rumahan yang wajib dimiliki. Daun ini dan ekstraknya sering diresepkan untuk meringankan kesulitan pencernaan, mengatasi kondisi hati, dan mengurangi risiko kanker.

Daun mimba mengandung senyawa aktif seperti nimbin dan azadirachtin yang dapat memberikan rambut bebas ketombe, kulit bersih, gigi sehat, dan perut bebas maag. Selain itu, mengandung beberapa flavonoid, nimbanene, dan vitamin C, yang meminimalkan radikal bebas berbahaya dan zat beracun.

Berbagai sekolah kedokteran di seluruh dunia mengakui pengobatan dari daun mimba. Daun, bunga, biji, buah, akar, dan kulit batangnya telah digunakan untuk mengobati peradangan, infeksi, demam, penyakit kulit, dan gangguan gigi serta mengurangi risiko kanker.

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya



Berikut manfaat daun mimba untuk kesehatan dilansir dari Style Craze, Jumat (1/9/2023).



1. Mengelola Diabetes


Beberapa penelitian pada hewan mengonfirmasi efek anti-diabetes dari daun mimba. Pada subjek yang menderita diabetes, 250 mg ekstrak daun mimba per kilogram berat badan ditemukan dapat menurunkan kadar glukosa.

Bahan kimia daun menekan aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme glukosa. Mereka mengontrol jumlah glukosa yang dilepaskan ke aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

2. Menyembuhkan Jerawat dan Masalah Kulit


Ekstrak daun mimba dioleskan secara eksternal pada jerawat dalam pengobatan tradisional. Daun ini sering digunakan dalam produk anti jerawat. Bersamaan dengan ekstrak mimba, kemangi, licorice, dan teh hijau diidentifikasi berpotensi menghambat bakteri penyebab jerawat.

Rebusan daun mimba digunakan untuk mengobati luka septik, kurap, eksim, serta luka bakar dan luka yang terinfeksi belatung. Senyawa aktif mimba dapat mengobati beberapa infeksi jamur dan bakteri pada kulit, termasuk penyakit kutu air dan abses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2891 seconds (0.1#10.140)