Deretan Penyakit Silent Killer, dari Diabetes hingga Jantung

Sabtu, 02 September 2023 - 15:31 WIB
loading...
Deretan Penyakit Silent Killer, dari Diabetes hingga Jantung
Silent killer merupakan penyakit yang tak menampakkan gejala di awal, tetapi membuat penderitanya meninggal dunia tiba-tiba. Anda pun perlu mengenalnya. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Silent killer merupakan penyakit yang tidak menampakkan gejala sama sekali di awal, tetapi bisa membuat penderitanya meninggal dunia secara tiba-tiba.

Untuk itu, penting mengetahui lebih jauh tentang penyakit-penyakit yang termasuk dalam silent killer.



Berikut beberapa daftar penyakit yang termasuk dalam silent killer, dilansir Primaya Hospital, Sabtu (2/9/2023).

Penyakit Silent Killer

1. Tekanan darah tinggi

Darah yang mengalir dalam pembuluh darah kita memiliki tekanan yang dapat diukur. Tekanan ini umumnya naik-turun sepanjang hari.

Ketika tekanan darah itu konsisten naik melebihi ukuran normal dalam jangka waktu lama, ada potensi kita mengalami tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Tekanan darah tinggi adalah penyakit silent killer karena sama sekali tak bisa terdeteksi kecuali lewat pengukuran tekanan darah.

Pasien yang terdiagnosis memiliki hipertensi kerap mengeluhkan sakit kepala, jantung berdebar-debar, penglihatan kabur, mudah lelah saat beraktivitas, serta rasa nyeri dada.

Ketika tekanan darah tinggi, bisa timbul berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, strok, penyakit ginjal dan gagal jantung.

Seperti sejumlah penyakit silent killer lain, langkah pencegahan utama terhadap hipertensi adalah menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. Yang lebih spesifik adalah membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok teh per hari.

2. Diabetes

Diabetes yang menyandang sebutan penyakit silent killer adalah diabetes melitus tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah yang paling sering dijumpai pada berbagai kalangan.

Pemicunya adalah penumpukan gula dalam darah karena masalah produksi atau penggunaan insulin oleh tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)