7 Makanan Ini Harus Dihindari saat Menstruasi, Bikin Kram Perut Makin Parah

Minggu, 03 September 2023 - 08:48 WIB
loading...
7 Makanan Ini Harus Dihindari saat Menstruasi, Bikin Kram Perut Makin Parah
Penting untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari saat menstruasi agar perut tidak terasa sakit. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Menstruasi sering disertai dengan banyak gejala, salah satunya kram perut. Rasa sakit akibat kram perut tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, ketika kondisi tersebut muncul, bisa membuat penderitanya benar-benar kesakitan hingga tidak dapat melakukan aktivitas harian.

Keadaan seperti itu terjadi, salah satunya disebabkan oleh konsumsi makanan yang salah. Pasalnya, ada beberapa kandungan dalam makanan yang bisa memicu rasa sakit di dalam perut muncul kembali.

Untuk itu, penting sekali mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari saat menstruasi agar perut tidak terasa sakit. Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum dari laman Times Of India, Minggu (3/9/2023).


1. Kopi

Jika Anda tidak ingin membuat menstruasi terasa lebih buruk, kurangi asupan kafein. Cobalah untuk tetap mengonsumsi kopi maksimal satu cangkir kopi per hari. Sebab, minum kopi yang berlebihan dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Keadaan ini dapat memperburuk kram Anda selama menstruasi. Itu juga dapat meningkatkan ketidaknyamanan dan kembung.

2. Kue

Gula darah banyak berfluktuasi saat sedang menstruasi. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak makanan manis berkarbohidrat seperti kue selama fase menstruasi, kadar gula darah akan naik dan turun secara drastis.

Keadaan ini dapat meningkatkan kram perut. Selain itu, gula rafinasi juga menyebabkan tubuh mempertahankan natrium dan air yang menyebabkan kembung serta perubahan suasana hati.

3. Susu

Mengonsumsi banyak produk susu bukanlah ide terbaik, karena dapat menyebabkan kram. Produk susu seperti susu, keju, dan es krim mengandung asam arakidonat (asam lemak omega-6) yang dapat meningkatkan peradangan dan mengintensifkan nyeri menstruasi.

4. Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh dan bisa membuat rahim berkontraksi sehingga meningkatkan kram serta membuat perut tidak nyaman. Bahkan daging berlemak harus dihindari selama periode tersebut karena lemak jenuh dapat memperburuk nyeri menstruasi.


5. Makanan Cepat Saji

Jauhi makanan olahan cepat saji selama menstruasi. Aditif makanan cepat saji membuat kram perut lebih intens. Lemak trans makanan cepat saji dikenal sebagai minyak terhidrogenasi yang bila ditambahkan ke dalam makanan olahan dapat menyebabkan peradangan di tubuh dan memperburuk gejalanya.

6. Makanan Asin

Makanan yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi juga harus dihindari selama siklus menstruasi bulanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi bisa membuat kembung dan retensi air di tubuh semakin buruk. Untuk itu, jauhi keripik dan kentang goreng selama menstruasi.

7. Cokelat

Cokelat dapat meningkatkan prostaglandin yang menyebabkan kram pada perut saat menstruasi. Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat saat menstruasi, alangkah baik untuk makan cokelat hitam saja dalam jumlah terbatas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)