7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Minggu, 03 September 2023 - 21:00 WIB
loading...
7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya
Daun mangga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Daun mangga kaya akan vitamin C, B dan A serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun mangga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini karena daun mangga kaya akan vitamin C, B dan A serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daun mangga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat karena kandungan flavonoid dan polifenolnya yang tinggi. Daun jenis ini juga sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan dan penyembuhan tradisional.

Untuk mendapatkan manfaatnya, dau mangga harus dijadikan bubuk setelah dikeringkan atau digunakan sebagai infus. Anda juga bisa merendam daunnya dalam secangkir air semalaman dan meminum cairannya di pagi hari.

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya



Anda bisa minum satu hingga dua cangkir teh daun mangga setiap hari. Berikut manfaat daun mangga untuk kesehatan dilansir dari Style Craze, Minggu (3/9/2023).



1. Mengobati Diabetes


Daun mangga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun mangga yang lembut mengandung fitokimia, yang dapat membantu mengobati diabetes.

Daunnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, atau digunakan sebagai infus untuk pengobatan yang sama. Ini juga dapat membantu dalam mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Rendam daunnya dalam secangkir air semalaman. Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat anti-hipertensi. Daun jenis ini membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

3. Mengobati Kegelisahan


Mangiferin, kandungan fitokimia dalam daun mangga, memiliki sifat anti-kecemasan yang dapat meredakan kegelisahan yang dialami orang akibat kecemasan. Menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi membantu mengobati rasa tidak nyaman dan menyegarkan tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)