Anemia Berpotensi Hambat Perkembangan Kognisi Anak, Cukupi Asupan Zat Besi

Senin, 04 September 2023 - 20:57 WIB
loading...
Anemia Berpotensi Hambat Perkembangan Kognisi Anak, Cukupi Asupan Zat Besi
Anemia bisa menghambat perkembangan kognisi anak. Foto Ilustrasi/MomJunction
A A A
JAKARTA - Indonesia masih termasuk dalam lima negara dengan prevalensi anemia tertinggi di Asia Tenggara. Padahal penyakit tersebut bisa menghambat perkembangan kognisi anak.

Sebagian besar kasus anemia disebabkan kekurangan zat besi yang merupakan salah satu nutrisi penting dalam asupan makanan harian anak. Kondisi ini makin diperparah dengan kurangnya konsumsi protein hewani yang di Indonesia hanya mencapai 43% dibandingkan konsumsi protein nabati (57%).

Padahal faktanya, kandungan zat besi dalam protein hewani lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati, sehingga penting untuk mengonsumsi protein hewani demi mencegah anemia.

Presiden Indonesian Nutrition Association Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK(K) mengatakan, anemia menjadi salah satu faktor risiko yang dapat menghambat perkembangan otak anak.

"Kondisi ini akan mengkhawatirkan jika tidak ditangani segera karena dapat menghambat tumbuh kembang anak untuk jadi generasi maju," katanya.

Menurut dr. Luciana, 1 dari 3 anak Indonesia rentan menderita anemia. Anemia, lanjutnya, dapat disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi harian anak.

Saat asupan zat besi tidak tercukupi dalam makanan harian anak, maka dapat terjadi gangguan perkembangan kognitif atau otak.

"Hal ini tentu tidak dapat dianggap enteng olah orang tua, apalagi di masa-masa sampai usia 5 tahun, di mana perkembangan otak anak masih berkembang pesat, ” ujarnya.

Pada anak di bawah lima tahun, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan memberikan asupan gizi seimbang, terutama dari sumber protein hewani yang kaya zat besi.

Namun, kekurangan zat besi bisa juga terjadi karena sebagian besar zat besi tidak terserap secara optimal di tubuh anak. Maka itu, dr. Luciana menjelaskan, dibutuhkan kombinasi antara zat besi dan vitamin C yang mampu memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh untuk pencegahan anemia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)