6 Daun yang Aman Dikonsumsi Mentah, Kaya Akan Manfaat

Selasa, 05 September 2023 - 13:16 WIB
loading...
6 Daun yang Aman Dikonsumsi Mentah, Kaya Akan Manfaat
Daun kelor termasuk aman dikonsumsi mentah. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Daun yang aman dikonsumsi mentah biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai lalapan. Selain aman, daun yang bisa dikonsumsi tanpa dimasak ini memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh.

Proses memasak memang kerap menghilangkan kandungan-kandungan baik yang ada dalam sayuran hijau. Untuk itu, memakan daun tanpa dimasak ini bisa menjadi pilihan untuk mempertahankan kandungan yang ada.

Namun, perlu dicatat bahwa untuk mengonsumsi daun tanpa dimasak harus dipastikan sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Ini untuk menghilangkan bakteri yang menempel.

Meski begitu, tidak semua jenis daun aman untuk dimakan mentah. Sedikitnya ada enam daun yang aman dikonsumsi mentah.

Daun yang Aman Dikonsumsi Mentah


1. Selada


Pastinya orang-orang sudah tidak asing untuk memakan selada mentah. Sayuran ini populer sebagai salah satu komponen burger. Selain itu, daun selada juga kerap dibuat salad maupun dijadikan lalapan.



Selain bagus untuk diet, kandungan antioksidan dalam sayuran ini juga bagus untuk menangkal radikal bebas. Ada pula kandungan bermanfaat lain seperti folat, zat besi, hingga kalsium.

2. Pegagan


Tanaman yang biasa tumbuh di sawah ini juga kerap digunakan sebagai lalapan, terutama bagi masyarakat sunda. Tanaman kecil yang punya daun berbentuk lingkaran ini punya kandungan antioksidan yang penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

3. Kemangi


Daun kemangi punya aroma khas sehingga sering dijadikan pengharum makanan ini tentulah sangat populer untuk para penikmat lalapan. Selain nikmat, daun ini juga memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah.

4. Kenikir


Daun yang bentuknya bercabang ini juga kerap jadi lalapan meskipun tidak begitu disukai oleh sebagian orang karena rasanya yang pahit. Meski begitu, daun ini kaya akan saponin, plavanoid, minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)