Keindahan Alam dan Budaya Jadi Kekuatan Pariwisata ASEAN, Sandiaga Uno: Kita Harus Mengambil Peran

Selasa, 05 September 2023 - 23:33 WIB
loading...
Keindahan Alam dan Budaya Jadi Kekuatan Pariwisata ASEAN, Sandiaga Uno: Kita Harus Mengambil Peran
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan negara-negara ASEAN harus dapat memaksimalkan berbagai keunggulan yang dimiliki. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan negara-negara ASEAN harus dapat memaksimalkan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Keindahan yang dimaksud seperti keindahan alam, keragaman budaya, dan keramahan masyarakatnya sebagai kekuatan utama sektor pariwisata di tengah situasi ketidakpastian ekonomi global.



"Ini adalah sesuatu yang belum banyak dimaksimalkan, kita belum cukup memperhatikan dengan baik kekuatan ini," ujarnya saat menjadi panelis di ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) bertajuk "ASEAN Matters: Resilience and Stability in a Fractious Global Economy" di Hotel Sultan, Jakarta, belum lama ini.

Sandiaga menyebut keindahan alam juga keragaman budaya di negara-negara ASEAN telah banyak diakui dunia internasional. Kemudian industri perjalanan dan pariwisata global kerap memasukkan destinasi di negara-negara ASEAN dalam 50 terbaik di dunia, d antaranya Bali, Phuket, Cebu dan lainnya.

"Kita perlu bekerja sesuai dengan kekuatan dan ketahanan yang kita miliki. Negara-negara di ASEAN selanjutnya harus dapat memperkuat kerja sama khususnya dalam membangun interkonektivitas yang baik," katanya.

Komunitas bisnis, pemerintah, serta seluruh pemangku kepentingan harus berkolaborasi penuh, 360 derajat khususnya dalam penguatan rantai pasok.

Sandiaga menekankan pentingnya mengintegrasikan perekonomian dengan berbagai isu global yang berkembang. Termasuk tentang penguatan secara digital dan sisi keberlanjutan.

"Kami menyebutnya ekonomi hijau. Kita harus percaya bahwa jika kita bekerja sama, ASEAN tidak hanya akan menjadi episentrum pertumbuhan tetapi juga kawasan nomor satu dalam investasi karena perekonomian di ASEAN sedang berkembang sangat pesat," ujar Sandiaga.



Negara-negara ASEAN harus dapat menjaga netralitas terhadap isu-isu global dan juga geopolitik. Namun jika menyangkut perekonomian, ASEAN harus dapat mengambil sikap.

"Kita harus mengambil peran, harus full gear, Kita harus bersiap sepenuhnya karena peluang di kawasan ASEAN semakin terbuka lebar," ucap dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3340 seconds (0.1#10.140)