Delima Tertulis dalam Al-Quran, Buah Ajaib yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Rabu, 06 September 2023 - 00:00 WIB
loading...
Delima Tertulis dalam Al-Quran, Buah Ajaib yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan
Delima menjadi salah satu buah yang tertulis dalam Al-Quran dan hadist. Buah ini memiliki manfaat dan keajaiban yang luar biasa. Foto/ healthshots.
A A A
JAKARTA - Delima menjadi salah satu buah yang tertulis di dalam Al-Quran dan hadist. Dijelaskan bahwa buah dengan banyak biji di dalamnya ini memiliki manfaat dan keajaiban yang luar biasa.

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya". Musa berkata: "Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta". Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas." (QS. Al Baqarah:61).



Kemudian dalam hadits juga dijelaskan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada kurma yang tidak disirami dengan air surga." "Makanlah delima dengan lemaknya karena ia dapat membersihkan perut."

Dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, delima termasuk tumbuhan purbakala yang dikenal sejak lama oleh umat terdahulu, dan mereka sangat mengenal keistimewaan serta manfaatnya. Bahkan, di masa Firaun Mesir kuno telah memanfaatkan buah ini sebagai obat.

Sebenarnya delima berasal dari Asia barat daya, atau barat laut India. Dari situlah ia disebarluaskan mulai ke wilayah Iran, lalu ke pesisir Laut Mediterania dan Mesir. Kemudian ke Eropa dalam beberapa abad terakhir.

Delima Tertulis dalam Al-Quran, Buah Ajaib yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Dalam khazanah literatur keIslaman terdapat pembahasan yang cukup mendalam tentang buah delima ini. Ibnu Al-Qayyim menulis;

“Rasa manis buah delima bermanfaat bagi lambung, tenggorokan, dada, dan paru-paru. Delima bermanfaat pada saat batuk, airnya berkhasiat sebagai pencahar perut, dan asamnya dapat memperbaiki proses pembuangan pada pencernaan. Delima juga dapat memperlancar air seni, mengurangi zat kuning pada hati, mengatasi diare, mencegah muntah, dan memperkuat fungsi organ tubuh.”

Delima merupakan tumbuhan berbuah dari golongan jambu-jambuan (Myrtaceae), dan buahnya dikenal istimewa karena berwarna merah cerah seperti mutiara. Bunganya pun berwarna merah tua indah, yang dikenal dalam bahasa Arab dengan Jullanar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)