5 Manfaat Air Rebusan Ketumbar, Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi

Rabu, 06 September 2023 - 07:23 WIB
loading...
5 Manfaat Air Rebusan Ketumbar, Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi
Air rebusan ketumbar memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang dilewatkan. Ketumbar sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan alami. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Air rebusan ketumbar memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang dilewatkan. Ketumbar sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai bumbu masakan karena aromanya yang khas dan menjadi pengobatan alami.

Air rebusan ketumbar bisa dikonsumsi satu hingga dua gelas sehari. Cara membuatnya cukup rebus 1 sendok makan ketumbar dalam air selama lima menit. Kemudian didihkan dan kurangi menjadi setengahnya. Lalu saring dan minum.

Banyak orang menggunakan ketumbar dalam masakan seperti sup hingga kari. Selain itu, daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya digunakan dikeringkan atau digiling.

Manfaat Air Rebusan Ketumbar



Berikut manfaat kesehatan air rebusan ketumbar dilansir dari Health Line, Rabu (6/9/2023).



5 Manfaat Air Rebusan Ketumbar, Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi

Foto/Infografis SINDOnews

1. Menurunkan Gula Darah Tinggi


Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyak semuanya dapat membantu menurunkan gula darah.

Namun, orang yang memiliki gula darah rendah atau sedang mengonsumsi obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji ketumbar menurunkan gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)