5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Jarak, Salah Satunya Sembelit

Rabu, 06 September 2023 - 18:06 WIB
loading...
5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Jarak, Salah Satunya Sembelit
Ada berbagai penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun jarak. Foto/Dok. India Biodiversity
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun jarak. Salah satunya adalah sembelit atau susah buang air besar.

Tanaman jarak atau Ricinus communis L termasuk jenis tanaman yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Tak hanya bijinya yang bisa diolah menjadi minyak jarak, daunnya juga dipercaya banyak mengandung manfaat.

Selain mudah didapat, cara pengolahannya pun tidak sulit. Berikut lima penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun jarak sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Jarak


1. Sembelit


Salah satu manfaat daun jarak yang paling tradisional adalah merangsang pencernaan dan menghilangkan sembelit sementara. Prosesnya mirip obat pencahar stimulan yang merangsang usus mendorong kotoran keluar.



Cara pengolahannya pun cukup mudah. Anda bisa merebus daun jarak yang bersih dan segar. Lalu mengonsumsinya sebagai lalapan pendamping makan.

2. Pembengkakan pada Tubuh


Daun jarak juga dipercaya mampu meredakan pembengkakan pada bagian tubuh. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda memerlukan daun jarak yang sudah cukup tua, lalu ditumbuk menjadi halus.

Setelah halus, tambah sedikit garam dan hangatkan. Kemudian, oleskan di area tubuh yang mengalami pembengkakan. Efeknya nanti akan meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

3. Keluhan Gula Darah


Manfaat daun jarak berikutnya adalah berkaitan dengan keluhan gula darah. Daun ini bisa dikonsumsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah pada tubuh.

Cara konsumsinya cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan dari daun jarak ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2427 seconds (0.1#10.140)