5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kamis, 07 September 2023 - 16:23 WIB
loading...
A A A
5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Foto/Infografis SINDOnews



4. Mengontrol Peradangan


Studi telah mengidentifikasi lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang memiliki sifat antiinflamasi. Ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat antiinflamasi, antioksidan, dan penyembuhan luka pada tikus.

Rebusan daun dioleskan untuk efek antirematik dan neuralgiknya. Ini juga mengurangi atau menyembuhkan abses dan luka. Ekstrak daun sirsak juga dapat meredakan kondisi peradangan akibat sistitis, rematik, nyeri rematik, demam, diare, malaria, parasit, dan ruam kulit.

5. Pengobatan Kanker


Studi menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak daun sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif annonaceous acetogenins (AGEs) dalam daun ini memiliki sifat antikanker.

Mereka membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker. Namun, penelitian yang lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas sirsak dan daunnya.

Efek Samping Air Rebusan Daun Sirsak


Sirsak dan daunnya mengandung alkaloid. Studi menunjukkan hal ini dapat menyebabkan disfungsi dan degenerasi neuron pada penderita sindrom parkinson. Daun sirsak juga dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak. Oleh karena itu, individu yang menggunakan obat penurun tekanan darah harus berhati-hati.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)