Waspada, Menggunakan Earphone Terlalu Lama Bisa Picu Gangguan Pendengaran

Kamis, 07 September 2023 - 23:15 WIB
loading...
Waspada, Menggunakan Earphone Terlalu Lama Bisa Picu Gangguan Pendengaran
Menggunakan earphone terlalu lama dipercaya bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Earphone dimiliki banyak orang untuk menonton film dan mendengarkan musik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menggunakan earphone terlalu lama dipercaya bisa menyebabkan gangguan pendengaran . Earphone, headset, dan headphone merupakan barang wajib yang dimiliki banyak orang untuk menonton film dan mendengarkan musik.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahaya di balik penggunaan earphone. Di mana mendengarkan musik terlalu sering dengan volume yang keras bisa menyebabkan masalah pendengaran.

Dokter Audiologi dan Vestibuler, dr Madhita Kasoem mengatakan biasanya masyarakat sering mendengarkan earphone dalam waktu yang cukup lama dan volume keras sehingga memicu masalah pendengaran. Seperti halnya telinga berdengung.

“Tanda kerusakaan telinga akibat terlalu sering dan keras menggunakan earphone itu telinga jadi berdengung, lama kelamaan jadi nggak jelas saat mendengar, nah itu ada tanda-tanda penurunan pendengaran,” kata Madhita dalam peluncuran aplikasi Kasoem Plus bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional baru-baru ini.



Penurunan pendengaran akibat menggunakan earphone, dijelaskan Madhita biasanya terjadi secara bertahap. “Lama-lama harus keras dan keras banget buat ngomong sama si penderita, karena sekali lagi masalah pendengaran setiap orang tidak sama, derajatnya macam-macam, ada yang ringan, sedang, berat, dan sangat berat,” jelasnya.

Untuk menghindari masalah pendengaran karena penggunaan earphone, Madhita menyarankan untuk tidak terlalu sering dan terlalu keras memakai earphone.

“Kalau pakai speaker lebih baik karena jangkauan suara lebih luas. Kalau pakai earphone yang sumber suaranya langsung masuk ke telinga justru berbahaya. Terus juga jangan terlalu keras volumenya,” ucapnya.

Dilansir dari Kids Health, waktu ideal agar tetap aman menggunakan earphone adalah dalam batas waktu hanya 60 menit sehari. Selain itu, untuk volumenya tidak lebih 60 persen.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)