4 Air Rebusan Daun yang Cocok Dikonsumsi saat Menstruasi

Senin, 11 September 2023 - 12:12 WIB
loading...
4 Air Rebusan Daun yang Cocok Dikonsumsi saat Menstruasi
Air rebusan daun bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan, salah satunya terkait dengan menstruasi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Air rebusan daun bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan, salah satunya terkait dengan menstruasi. Tak hanya mengatasi nyeri akibat kram perut saat datang bulan, rebusan air daun tertentu juga dapat mengatasi gangguan mentruasi lain.

Maka itu, saat Anda mengalami masalah menstruasi, ada baiknya melakukan terapi alamiah antara lain dengan mengonsumsi air rebusan daun. Lantas, apa saja air rebusan daun yang cocok dikonsumi saat menstruasi? Berikut informasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023).



1. Daun Salam

Daun salam biasa digunakan sebagai bahan penambah aroma sedap pada masakan. Selain itu, daun salam juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, serta vitamin A, B6, B12, C, dan vitamin D.

Pada daun salam terkandung pula komponen aktif seperti limonene, eugenol, geranyl asetat, linalool, metil chavicol, mycrene dan chavicol serta asam laurat dan banyak minyak esensial. Dengan berbagai kandungan tersebut, tak heran bila daun salam sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk keluhan yang terjadi saat menstruasi.

Air rebusan daun salam cocok dikonsumsi saat menstruasi karena dapat mencegah siklus haid tidak teratur ataupun telat, mengatasi penggumpalan darah, menyembuhkan kram perut, dan memperbaiki mood.

2. Daun Pepaya

Dalam penelitian yang diterbitkan Belitung Nursing Journal terungkap, kram menstruasi terjadi akibat kadar hormon prostaglandin yang berlebihan. Nah, ekstrak daun pepaya, termasuk air rebusannya, dipercaya dapat mengurangi kadar prostaglandin tersebut serta melancarkan haid.

Cara membuat ramuannya adalah, rebus daun pepaya dengan dua gelas air. Campurkan asam jawa dan garam, kemudian rebus hingga mendidih. Tunggu sampai air rebusan berkurang hingga 1 gelas, lalu minum.


3. Daun Peppermint

Peppermint memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, dan antivirus. Hal ini membuat teh yang terbuat dari daun peppermint dapat menjadi salah satu minuman sehat yang cocok dikonsumsi saat menstruasi.

Peppermint juga bisa menjadi relaksan otot dan pereda nyeri yang berguna ketika nyeri haid muncul. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang menggunakan ekstrak daun peppermint dikatakan bahwa ekstrak tersebut dapat mengurangi durasi kram yang terjadi akibat menstruasi.

Cara membuat teh peppermint mudah kok. Anda bisa memasak air hingga mendidih, kemudian matikan apinya. Masukkan daun peppermint yang sudah dipotong-potong, tunggu hingga sari-sari dari daun peppermint keluar.

3. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa diolah menjadi teh atau air rebusan. Air rebusan ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun jambu biji ini dapat dirasakan saat Anda mengalami nyeri haid. Hal itu karena pada daun tersebut terkandung vitamin C dan flavonoid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, sebuah studi terhadap 197 wanita dengan gejala nyeri haid juga pernah dilakukan. Enam orang di antaranya mengonsumsi 6 miligram ekstrak daun jambu biji.

Hasilnya, intensitas nyeri yang mereka rasakan berangsur membaik dan hilang sepenuhnya. Efeknya bahkan lebih kuat dari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)