5 Obat Rumahan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, dari Kunyit hingga Ketumbar

Selasa, 12 September 2023 - 08:33 WIB
loading...
5 Obat Rumahan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, dari Kunyit hingga Ketumbar
Kolesterol tinggi dapat merusak arteri, berkontribusi terhadap penyakit jantung dan meningkatkan risiko stroke. Foto/ britannica.
A A A
JAKARTA - Sudahkah Anda memeriksa kolesterol? Kolesterol tinggi bisa sangat mengkhawatirkan, di mana pada dasarnya ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol tinggi seiring berjalannya waktu dapat merusak arteri, berkontribusi terhadap penyakit jantung dan meningkatkan risiko stroke.



Penumpukan plak di arteri koroner dapat mengganggu aliran darah kaya oksigen ke otot jantung Anda. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di sel kita.

Lipoprotein densitas rendah (LDL) – Ini adalah jenis kolesterol “jahat” dan tidak sehat. Kolesterol LDL dapat menumpuk di arteri Anda dan membentuk timbunan lemak dan lilin yang disebut plak.

Lipoprotein densitas tinggi (HDL) – Ini adalah jenis kolesterol yang “baik” dan menyehatkan. Ini mengangkut kelebihan kolesterol dari arteri ke hati Anda, yang kemudian mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Cara Menurunkan Kolesterol

1. Kunyit

Ini adalah bumbu rumah tangga yang telah dikenal sebagai obat sejak lama. Kunyit membantu mengurangi penumpukan plak di dinding arteri. Oleh karena itu, sesendok kunyit yang diminum dengan air hangat di pagi hari dapat membantu menurunkan LDL.
5 Obat Rumahan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, dari Kunyit hingga Ketumbar

2. Teh Hijau

Ini adalah minuman sehat yang bagus untuk menurunkan berat badan. Teh hijau memiliki sifat anti-oksidan dan senyawa katekin yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Bawang putih

Memiliki kandungan allicin yang tinggi, senyawa yang diketahui dapat menurunkan kolesterol secara signifikan. Mengonsumsi beberapa siung bawang putih setiap pemerasan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di darah.


4. Biji rami

Biji rami memiliki kadar asam alfa-linolenat tinggi yang baik untuk mengontrol kolesterol .

5. Ketumbar

Ketumbar kaya akan nutrisi dan antioksidan. Ketumbar memiliki asam folat, vitamin C, A dan beta karoten. Minum air ketumbar saat pagi hari baik untuk kolesterol, menurunkan berat badan dan banyak lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)