3 Air Rebusan Daun yang Bisa Memperlancar ASI, Ibu Menyusui Harus Tahu

Selasa, 12 September 2023 - 19:21 WIB
loading...
3 Air Rebusan Daun yang Bisa Memperlancar ASI, Ibu Menyusui Harus Tahu
Daun kelor juga dapat memperlancar ASI karena mengandung asam amino dan antioksidan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Beberapa air rebusan daun ternyata bisa memperlancar dan memperbanyak ASI . Ini baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam proses menyusui.

ASI merupakan nutrisi alami terbaik bagi bayi selama enam bulan pertama. Terkadang, seorang ibu mengalami kendala kurang lancarnya produksi ASI yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Hal tersebut membuat para ibu memilih untuk memberikan bayi mereka susu kemasan. Padahal, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mengonsumsi beberapa air rebusan daun yang memperlancar ASI.



Berikut beberapa air rebusan daun untuk memperlancar ASI.

Air Rebusan Daun yang Bisa Memperlancar ASI


1. Daun Katuk


Daun katuk diketahui mengandung banyak zat gizi seperti asam folat, dan berbagai macam vitamin. Namun, hal terpenting dalam meningkatkan produksi ASI adalah steroid dan polifenol yang terkandung dalam daun ini.

Steroid dan polifenol merupakan senyawa yang mampu meningkatkan kadar prolaktin atau hormon pelancar ASI. Dengan tingginya kadar prolaktin membuat seseorang memiliki produksi ASI yang lancar.



Dalam penelitian dalam jurnal "Pemberian Air Rebusan Daun Katuk Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui" disebutkan bahwa daun katuk bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ASI eksklusif.

2. Daun Bangun-Bangun


Daun bangun-bangun dipercaya sebagai tanaman herbal yang kaya akan khasiat karena punya kandungan nutrisi yang melimpah seperti protein, serat, kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan berbagai vitamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2729 seconds (0.1#10.140)