Virus HPV Bisa Buat Mr P Terkena Kanker

Rabu, 26 April 2017 - 22:07 WIB
Virus HPV Bisa Buat Mr P Terkena Kanker
Virus HPV Bisa Buat Mr P Terkena Kanker
A A A
JAKARTA - Kanker merupakan penyakit mematikan dan memiliki banyak jenis. Tidak sedikit dari penderita kanker yang akhirnya meninggal. Kendati demikian, ada juga yang sanggup melawan dan selamat.

Salah satu kanker berbahaya dan saat ini tengah hangat dipebicangkan lantaran terkena artis Julia Perez dan membuatnya terbaring di rumah sakit adalah kanker serviks. Penyakit ini kerap menyerang wanita. Akan tetapi, kanker serviks juga bisa diderita kaum pria atau dalam istilah kedokteran disebut kanker penis.

Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia Prof Dr dr Andrijono Sp OG(K) mengatakan pria bisa terkena kanker penis lantaran virus HPV. Virus ini merupakan penyebab utama kanker serviks yang menempel ke Mr P. Hal ini dikarenakan hubungan seksual yang tidak bersih.

"Virusnya nempel di penis hingga dia kena. Sebanyak 20% bisa kena kanker, yakni kanker penis," kata Andrijono di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Mengatasi masalah itu, virus HPV ini bisa membuat Mr P harus segera diangkat. Ini dilakukan tidak menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, menyuntikan vaksin HPV untuk pria sangat penting.

"Kalau kena virus HPV semuanya jadi kena kanker penis. Jadi bukan prostat, ini kankernya ada di luar, tepatnya di penis. Jadinya memang berbahaya virus HPV ini. Di Thailand banyak tuh yang kena kanker penis," jelas dia.

Sementara, kanker serviks yang dialami wanita juga menjadi kanker paling berbahaya di Indonesia. Kanker ini menyerang wanita yang aktif dalam berhubungan seksual.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6161 seconds (0.1#10.140)