Ini Olahraga Terbaik untuk Mencegah Obesitas dan Bantu Turunkan Berat Badan

Rabu, 13 September 2023 - 19:50 WIB
loading...
Ini Olahraga Terbaik untuk Mencegah Obesitas dan Bantu Turunkan Berat Badan
Olahraga menawarkan banyak manfaat, seperti mencegah obesitas, membantu menurunkan berat badan. Olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Olahraga menawarkan banyak manfaat, seperti mencegah obesitas , membantu menurunkan berat badan. Olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, serta kesehatan mental yang lebih baik.

Untuk dapat mencegah obesitas dan bantu menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk olahraga setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 20 menit per sesi. Namun, lebih dari 20 menit lebih baik jika Anda ingin benar-benar menurunkan berat badan.

Melakukan olahraga ringan selama 15 menit saja seperti berjalan kaki sejauh satu mil setiap hari akan membakar hingga 100 kalori ekstra. Menurut Bachelor in Sport Coaching Muhammad Wilman Nugraha, ada beberapa olahraga yang mudah dan dapat dilakukan setiap hari.

“Jogging, lari. Kedua olahraga ini bisa jadi salah satu alternatif pilihan gerak yang bisa dilakukan seriap hari," kata Wilman dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (13/9/2023).



"Namun, untuk melakukannya ada intensitas tersendiri sehingga bisa dimaintain dalam jangka waktu panjang,” sambungnya.

Wilman menjelaskan bagaimana cara menjaga intensitas olahraga ini penting disesuaikan dengan umur individu.

“Kalau orang dari umur 20-50-an, dalam satu jam olahraga itu minimal 130-141 heart rate-nya. Kalau mau lebih santai lagi, biasanya heart rate 140-160. Kalau benar-benar sibuk dan hanya punya waktu sekitar 20 menit, heart rate 170,” jelasnya.

Selain olahraga, Wilman juga menjelaskan jika pola makan, pola tidur, dan konsumsi alkohol harus diperhatikan. Ini karena beberapa hal tersebut sangat berpengaruh dalam menyebabkan obesitas.



“Sebagian besar orang percaya tidur yang baik itu adalah 7-8 jam, tetapi gak semua orang punya waktu sebanyak itu," ujarnya.

"Dalam sebuah jurnal penelitian, ada yang mengatakan waktu 5 jam untuk tidur sudah cukup, yang paling penting adalah kualitas tidurnya,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2543 seconds (0.1#10.140)