Biar si Kecil Nggak Gampang Sakit, Ikuti Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Bayi Berikut Ini

Kamis, 14 September 2023 - 12:57 WIB
loading...
Biar si Kecil Nggak Gampang Sakit, Ikuti Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Bayi Berikut Ini
Bunda harus pandai-pandai menjaga tumbuh kembang si kecil, termasuk menjaga kebersihan peralatan bayi. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Sebenarnya bayi yang baru lahir tidak bisa langsung menghasilkan sistem kekebalan tubuh sendiri. Sehingga, bunda harus pandai-pandai menjaga tumbuh kembang si kecil, termasuk tips menjaga kebersihan peralatan bayi .

Meskipun terlihat sederhana, tetapi membersihkan peralatan bayi yang kurang tepat dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti diare. Untuk itu, ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan saat membersihkan peralatan bayi dengan tepat.

5 Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Bayi

1. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu
Sebelum membersihkan peralatan bayi, selalu pastikan tangan dalam kondisi yang bersih. Selalu cuci tangan sebelum membersihkan peralatan bayi menjadi salah satu cara pencegahan perpindahan bakteri dari tangan Anda ke peralatan bayi.

2. Segera Bersihkan Peralatan usai Digunakan
Jika bayi sudah menggunakan botol susu, empeng, bahkan pipet susu, maka segera bersihkan perlengkapan ini. Jangan pernah membiarkan peralatan bayi kotor dalam waktu yang cukup lama karena bisa menyebabkan bakteri menetap di sana.

3. Bersihkan dengan Air Mengalir
Bersihkan peralatan bayi dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa pada sela-sela peralatan yang sempit atau kecil. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk menjaga peralatan bayi tetap steril.

4. Gunakan Sikat atau Spons Khusus
Sebaiknya spons atau sikat untuk mencuci perlengkapan bayi dipisah dengan peralatan lain, Bun. Hal ini dilakukan supaya bakteri dari alat makan lainnya tidak berpindah ke peralatan bayi. Selain itu, segera cuci alat peralatan bayi setelah digunakan dan jangan ditumpuk dengan peralatan kotor lainnya, ya!

5. Gunakan Pembersih Khusus
Mengapa harus menggunakan sabun khusus peralatan bayi? Ini karena biasanya sabun khusus peralatan bayi memiliki formula yang ringan, sehingga aman untuk si kecil. Contohnya seperti Sleek Baby yang mampu membunuh kuman & bakteri yang ada di botol susu atau perlengkapan bayi lainnya.

Selain berkualitas, Sleek Baby juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Apalagi kalau belinya di AladinMall, Anda bisa dapat harga spesial yang hanya berlaku sampai 20 September 2023 mendatang!

Nggak cuma itu, beli apa pun di AladinMall juga gratis ongkir tanpa batas lho! Makanya, buruan download aplikasinya di Google Play Store supaya nggak ketinggalan promo menarik setiap harinya!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)