Perhatikan Ini Sebelum Ajak Bayi Keluar Rumah Dalam Kondisi Panas

Sabtu, 29 April 2017 - 08:19 WIB
Perhatikan Ini Sebelum Ajak Bayi Keluar Rumah Dalam Kondisi Panas
Perhatikan Ini Sebelum Ajak Bayi Keluar Rumah Dalam Kondisi Panas
A A A
NEW YORK - Dr Jan Montague dari Good Samaritan Hospital di Suffern, New York menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua jika ingin mengajak bayi keluar rumah di tengah cuaca panas.

Dilansir dari Fit Pregnancy, ketika cuaca mencapai 26 derajat celsius atau lebih, sebaiknya tidak dianjurkan terlalu lama mengajak bayi keluar rumah.

"Bayi tidak bisa berkeringat yang merupakan cara tubuh mendinginkan diri. Sehingga, bayi lebih rentan mengalami heat stroke lebih cepat ketimbang anak yang lebih tua atau orang dewasa. Selain itu, bayi juga bisa mengalami dehidrasi lebih cepat," papar Jan.

Dokter spesialis anak di Children's Hospital di Ontefiore Medical Center, New York, dr Molly Broder mengungkapkan, jika ingin membawa bayi keluar rumah, pastikan tidak terlalu lama dan pastikan bayi berada di lokasi yang sejuk. Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan tanda-tanda bayi kepanasan.

Menurut dr Broder, saat kepanasan bayi mudah rewel, marah, lesu, tak bersemangat dan tidak mau makan juga minum. Jangan lupa juga cek suhu tubuh, apakah lebih panas dari biasanya atau tidak. Untuk kulit, biasanya akan berwarna lebih merah. Tanda lain yang muncul adalah, mengantuk, muntah, dan kulit bayi menjadi lembap serta kering.

"Kepanasan juga bisa membuat bayi demam. Jika ini terjadi atau ada gejala lain yang lebih parah, segera bawa anak ke dokter," ungkap dr Broder.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)