9 Cara Efektif dan Mudah untuk Cegah Infeksi Liver

Senin, 29 November 2021 - 11:01 WIB
loading...
9 Cara Efektif dan Mudah untuk Cegah Infeksi Liver
Liver berperan dalam mencerna makanan serta membersihkan tubuh dari zat beracun. Maka, penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit liver. Foto Ilustrasi/eMediHealth
A A A
JAKARTA - Kabar duka kembali datang. Ameer Azzikra yang merupakan putra kedua almarhum Ustadz Arifin Ilham mengembuskan napas terakhir pada Senin (29/11/2021) dinihari. Diinformasikan bahwa Ameer meninggal dunia disebabkan oleh infeksi liver.

Merangkum laman Mayo Clinic, Senin (29/11/2021), liver atau hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Hati berukuran seperti bola yang berada tepat di bawah tulang rusuk manusia, tepatnya di sisi kanan perut.

Baca Juga: Mengenal Infeksi Liver yang Dialami Ameer Azzikra, Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham

Peran organ hati ini sangat vital, yaitu untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat-zat beracun. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan dan mencegah penyakit hati adalah pilihan yang tepat. Adapun caranya adalah dengan:

1. Hindari Perilaku Berisiko

Gunakan kondom saat berhubungan seks. Jika memilih untuk memiliki tato atau tindik badan, perhatikan soal kebersihan dan keamanan saat memilih toko. Cari bantuan jika Anda menggunakan obat intravena terlarang, dan jangan berbagi jarum suntik untuk menyuntikkan narkoba.



2. Lakukan Vaksinasi

Jika berada dalam risiko tertular hepatitis atau sudah terinfeksi dengan segala bentuk virus hepatitis, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan vaksin hepatitis A dan hepatitis B.

3. Gunakan Obat dengan Bijak
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2133 seconds (11.97#12.26)