8 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit di Pagi Hari, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Jum'at, 15 September 2023 - 07:07 WIB
loading...
8 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit di Pagi Hari, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
Minum air rebusan jahe dan kunyit di pagi hari memberikan banyak manfaat. Para peneliti membuktikan minuman ini bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum air rebusan jahe dan kunyit di pagi hari memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Para peneliti membuktikan bahwa minuman ini bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kunyit mentah dan jahe secara alami mengandung antioksidan dan nutrisi. Kandungan tersebut terbukti bisa membantu penyembuhan beberapa penyakit dan masalah kesehatan umum.

Namun, para ahli menyarankan agar mereka yang menderita masalah lambung sebaiknya menghindari mengonsumsi minuman ini saat perut kosong. Ini karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit di Pagi Hari



Berikut manfaat minum air rebusan jahe dan kunyit di pagi hari dilansir dari Times of India, Jumat (15/9/2023).



1. Cegah Peradangan


Baik jahe maupun kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang kuat, seperti gingerol pada jahe dan kurkumin pada kunyit. Mengonsumsi rempah-rempah ini di pagi hari dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh, berpotensi mengurangi ketidaknyamanan akibat kondisi seperti radang sendi dan mendukung kesehatan sendi secara menyeluruh.

2. Menyehatkan Pencernaan


Jahe secara tradisional digunakan untuk membantu pencernaan dengan meningkatkan sekresi enzim pencernaan dan mengurangi rasa mual. Kunyit juga dapat mendukung kesehatan pencernaan dengan menenangkan saluran pencernaan. Mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit dapat membantu merangsang pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan pencernaan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Kunyit dan jahe kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Memulai hari dengan minuman jahe kunyit dapat berkontribusi pada respons kekebalan yang lebih kuat dan peningkatan resistensi terhadap infeksi.

4. Mengurangi Nyeri Haid


Menurut para ahli, konsumsi jahe dalam jumlah sedang juga membantu mengurangi nyeri haid, yang juga dikenal sebagai dismenore.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)