Awas! Kopi Bisa Menambah Berat Badan

Sabtu, 16 September 2023 - 17:03 WIB
loading...
Awas! Kopi Bisa Menambah Berat Badan
Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Hal ini mungkin menimbulkan salah satu pertanyaan umum, apakah kopi membuat berat badan bertambah? Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Kopi merupakan minuman populer yang sering dikonsumsi karena efek stimulasinya, di mana kandungan kafeinnya yang tinggi. Hal ini mungkin menimbulkan salah satu pertanyaan umum, apakah kopi membuat berat badan bertambah?

Pengalaman pahit-manis ini tidak hanya menawarkan kenikmatan pada indra penciuman dan pengecapan, juga memiliki efek menyegarkan pada pikiran dan tubuh.

Jadi, cicipi secangkir kopi panas memberi efek yang menyenangkan. Lalu, bagaimana dengan kopi bisa membuat berat badan bertambah?



Dikutip pinkvilla pada Sabtu (16/9/2023), kopi adalah minuman penurun berat badan yang baik karena sangat rendah kalori dan menawarkan tingkat energi yang tinggi.

Namun, sama seperti makanan lain, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek buruk tertentu, salah satunya adalah penambahan berat badan.

Oleh karena itu, berikut beberapa faktor terkait konsumsinya yang dapat menyebabkan penambahan berat badan:

1. Mengganggu Pola Tidur

Minum kopi menjelang waktu tidur dapat mengganggu pola tidur, berdampak negatif pada metabolisme, dan meningkatkan kemungkinan penambahan berat badan. Pasalnya, kafein memengaruhi regulasi reseptor adenosin di otak yang bertanggung jawab membuat Anda mengantuk.

Secangkir kopi di siang hari untuk menambah energi mungkin merupakan pilihan yang baik, namun, beberapa cangkir kopi dalam sehari, terutama di malam hari dapat mempengaruhi pola dan kualitas tidur.

Kurang tidur pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan stres, dan masalah kesehatan mental lainnya, dan juga mempengaruhi kognisi, memori, dan kinerja seseorang secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan peningkatan stres oksidatif, intoleransi glukosa, dan resistensi insulin yang semuanya dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, waktu bangun yang lebih lama memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk makan, sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Awas! Kopi Bisa Menambah Berat Badan

2. Memicu Stres

Pada beberapa individu, konsumsi kafein berlebihan dapat memicu peningkatan stres. Stres yang ditimbulkan pada tubuh menyebabkan pelepasan hormon kortisol, yaitu hormon stres yang memungkinkan tubuh menghadapi situasi melawan-atau-lari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)