Punya Pori-Pori Besar? 5 Cara Ini Bisa Mengatasinya

Sabtu, 16 September 2023 - 22:03 WIB
loading...
Punya Pori-Pori Besar? 5 Cara Ini Bisa Mengatasinya
Susah menghilangkan masalah pori-pori besar? Ada beberapa cara mengatasinya, termasuk menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah pori-pori tersumbat. Foto/medicalnewstoday.
A A A
JAKARTA – Susah menghilangkan masalah pori-pori besar? Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk membuatnya terlihat lebih kecil, termasuk menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah pori-pori tersumbat.

Berikut beberapa cara efektif untuk mengecilkan tampilan pori-pori besar dilansir dari Medical News Today, Sabtu (16/9/2023).


Tips Atasi Masalah Pori-Pori

1. Memilih produk berbahan dasar air

Produk pelembab mengandung berbagai bahan aktif, termasuk minyak. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan produk bebas minyak, termasuk riasan berbahan dasar air.

Orang dengan kulit berminyak akan mendapat manfaat dari produk yang mengandung humektan tinggi dibandingkan minyak. Madu dan urea merupakan contoh humektan dalam produk perawatan kulit.

2. Cuci muka pagi dan malam

Mencuci muka adalah sebuah perawatan kulit dasar, di mana AAD merekomendasikan hal berikut:
Cuci muka maksimal dua kali sehari, atau setelah banyak mengeluarkan banyak keringat seperti usai berolahraga.
Mencuci menggunakan air hangat dan mengoleskan pembersih secara lembut dengan jari yang bersih. Memilih pembersih lembut yang nonabrasif dan tidak mengandung alkohol
Hindari menggosok-gosok kulit dan menepuk-nepuk wajah hingga kering dengan handuk bersih

3. Gunakan pembersih berbahan dasar gel

Pembersih berbahan dasar gel cocok untuk orang dengan kulit berminyak yang ingin mengecilkan pori-pori. Sebaiknya hindari pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol, karena dapat mengiritasi kulit.

Pembersih berbahan dasar gel membantu membersihkan minyak dari pori-pori, sehingga mengurangi tampilan pori-pori yang besar.

4. Eksfoliasi

Seseorang dengan kulit berminyak sebaiknya melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan zat-zat yang dapat menyumbat pori-pori, seperti sel kulit mati maupun minyak berlebih.


5. Menggunakan Clay Mask

Menggunakan masker jenis clay selama sekali atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori. Ini karena clay mask dapat menyerap sebum.

Menghilangkan minyak dapat membantu mencegah pori-pori membesar dan membuatnya kurang terlihat.

Disarankan untuk mengaplikasikan clay mask pada hari yang berbeda dengan eksfoliasi, karena perawatan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Iritasi dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar dan menimbulkan noda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)