5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Sabtu, 16 September 2023 - 20:33 WIB
loading...
5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat
Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat menjadi hal penting bagi manusia. Salah satunya agar ilmu pelajaran yang didapat bisa diserap dengan baik. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat menjadi hal penting bagi manusia. Salah satunya berguna agar ilmu pelajaran yang didapat bisa diserap dengan baik.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak dan meningkat daya ingat bisa melalui makanan yang kita konsumsi.

Dikutip Healthline pada Sabtu (16/9/2023), berikut lima makanan ajaib yang bantu jaga kesehatan otak dan tingkatkan daya ingat.


Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang kaya antioksidan. Sayuran ini juga sangat tinggi vitamin K, memberikan lebih dari 100 persen dari Recommended Daily Intake (RDI) dalam porsi 1 cangkir (160 gram) brokoli matang.

Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua telah membuktikan asupan vitamin K yang lebih tinggi membantu meningkatkan memori dan status kognitif yang lebih baik.

Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

2. Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ketika kita memiliki jantung yang sehat, maka akan memiliki otak yang sehat pula. Sebab, dalam satu studi ditemukan bahwa konsumsi kacang secara teratur dapat dikaitkan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah pada orang dewasa.

Bahkan dalam sebuah studi 2014 menemukan bahwa wanita yang makan kacang secara teratur selama beberapa tahun memiliki memori yang lebih tajam dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang.

Selain itu, kandungan vitamin E pada otak dipercaya untuk menjaga kesehatan otak dan melindunginya dari kerusakan radikal bebas untuk membantu memperlambat penurunan mental

Namun, dari banyaknya kacang-kacangan, kacang kenari memiliki keunggulan ekstra, karena mereka juga memberikan asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

3. Ikan berlemak

Ketika orang berbicara tentang makanan yang baik untuk otak, ikan berlemak sering berada di urutan daftar teratas. Jenis ikan berlemak ini termasuk salmon, trout, tuna albacore, herring, dan sarden. Semua ikan tersebut kaya akan kandungan asam lemak omega-3.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3161 seconds (0.1#10.140)