5 Daun Lalapan yang Ternyata Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan

Senin, 18 September 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Daun Lalapan yang Ternyata Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan
Daun lalapan banyak digunakan dalam khazanah kuliner Nusantara. Tak hanya bisa menambah kenikmatan acara bersantap, lalapan juga dikenal menyehatkan karena tinggi serat dan vitamin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Daun lalapan banyak digunakan dalam khazanah kuliner Nusantara. Tak hanya bisa menambah kenikmatan acara bersantap, lalapan yang notabene masuk kategori sayur-mayur juga dikenal menyehatkan karena tinggi serat dan vitamin.

Lalapan biasanya terdiri dari beraneka macam sayuran seperti daun kemangi, daun singkong, selada, mentimun, terong, kol, dan leunca. Lalapan ini tak hanya nikmat, tapi juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Kali ini, SINDOnews akan membahas lalapan khususnya yang berupa dedaunan. Daun lalapan ini ternyata banyak khasiatnya. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (18/9/2023).


1. Daun Kemangi

Bicara lalapan, kemangi tak pernah ketinggalan. Kemangi memiliki daun kecil berwarna hijau. Sayuran satu ini enak disantap dengan sambal.

Selain enak, daun kemangi juga berkhasiat untuk kesehatan, bahkan menjadi obat. Dilansir dari laman Halodoc, kemangi mampu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Swiss Federal Institute of Technology, kemangi juga mengandung (E)-beta-caryolhyllene (BPC) yang diduga dapat mengobati radang sendi dan radang usus.

2. Daun Pegagan

Sayuran yang banyak ditemukan di China, Jepang, India, dan Indonesia ini berkhasiat untuk mengobati luka ringan. Tak hanya itu, pegagan yang punya nama lain antanan, ternyata dapat pula membantu mengatasi berbagai penyakit, mulai eksim, infeksi pernapasan, pilek, kelelahan, demam, hingga asma.

Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan pegagan sebagai obat tanpa membicarakannya terlebih dulu dengan dokter.


3. Daun Pohpohan

Pohpohan memiliki wangi yang khas seperti mint. Sayuran ini kaya akan kalsium, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Kalsium dalam pohpohan juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengurangi gejala PMS, serta mengontrol tekanan darah tinggi.

4. Daun Selada

Selada belakangan juga kerap dijadikan lalapan. Sayuran ini kaya akan serat dan rendah kalori sehingga cocok untuk membantu menurunkan ataupun mengontrol berat badan.

Melansir laman PLoS Medicine, mengonsumsi selada yang mengandung serat tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang. Kondisi ini tentu akan mengurangi asupan energi total dan mencegah penambahan berat badan.

5. Daun Singkong

Selain enak disayur, daun singkong juga cocok jadi lalapan. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat sehingga kaya manfaat.

Berkat kandungan nutrisinya, daun singkong jadi memiliki banyak khasiat. Sayuran ini diyakini mampu mengatasi diare, mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi radang sendi, meningkatkan kekuatan tulang, mencegah infeksi bakteri, mengoptimalkan energi, mencegah radikal bebas, melancarkan pencernaan, bahkan menurunkan kadar kolesterol.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)