7 Manfaat Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Kelola Diabetes

Senin, 18 September 2023 - 09:09 WIB
loading...
7 Manfaat Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Kelola Diabetes
Manfaat rebusan daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Daun kemangi sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional berbagai macam penyakit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat rebusan daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Daun kemangi tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan, tapi sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional berbagai macam penyakit.

Bahkan menurut penelitian, daun kemangi memiliki khasiat obat dan penyembuhan yang kuat. Mulai dari menyehatkan pencernaan, mencegah kanker, mengelola diabetes, hingga kekebalan tubuh yang lebih kuat, manfaat daun kemangi cukup banyak.

Kayu manis, sitronelol, geraniol, linalool, pinene dan terpineol adalah beberapa minyak yang dapat ditemukan di semua jenis daun kemangi. Kehadiran minyak inilah yang terutama mempengaruhi manfaat pengobatan dari daun kemangi.

Manfaat Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan



Berikut manfaat rebusan daun kemangi untuk kesehatan dilansir dari Food NDTV, Senin (18/9/2023).



1. Baik untuk Pencernaan


Kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi memperkuat sistem pencernaan dan saraf serta dapat menjadi obat yang baik untuk sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang ada di daun kemangi memastikan tindakan anti-inflamasi pada saluran pencernaan. Kemangi membantu menyeimbangkan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

2. Anti-inflamasi


Daun kemangi dan sifat anti-inflamasinya yang kuat terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan kelainan. Minyak esensial yang kuat, termasuk eugenol, citronellol, dan linalool, membantu menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya.

Sifat anti-inflamasi pada daun kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi peradangan usus. Konsumsi daun kemangi juga bisa meredakan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)