5 Penyakit Komplikasi jika Kolesterol Tinggi Tidak Segera Ditangani, Waspada sebelum Terlambat

Senin, 18 September 2023 - 11:08 WIB
loading...
5 Penyakit Komplikasi jika Kolesterol Tinggi Tidak Segera Ditangani, Waspada sebelum Terlambat
Ada sejumlah penyakit komplikasi jika kolesterol tinggi tidak segera ditangani. Salah satunya adalah stroke. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah penyakit komplikasi jika kolesterol tinggi tidak segera ditangani. Salah satunya adalah stroke .

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika terlalu banyak lipid (lemak) dalam darah. Keadaan ini juga biasa dikenal dengan hiperlipidemia.

Selain hiperlipidemia, kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah atau biasa disebut aterosklerosis. Untuk itu, penderita kolesterol tinggi wajib waspada.



Pasalnya, jika terus dibiarkan bisa memunculkan berbagai penyakit komplikasi yang berbahaya lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

Penyakit Komplikasi yang Bisa Muncul Akibat Kolesterol Tinggi


1. Coronary Artery Disease (CAD)


Coronary Artery Disease (CAD) biasa disebut juga sebagai penyakit jantung koroner. Gangguan kesehatan ini menjadi salah satu bentuk penyakit jantung yang paling umum dijumpai.

Mengutip laman ClevelandClinic, Senin (18/9/2023), penyakit CAD terjadi ketika aterosklerosis memengaruhi arteri koroner. Ketika jantung tidak mendapat cukup darah, organ ini menjadi lemah dan tidak bekerja secara normal. Akibatnya, CAD ini bisa menyebabkan serangan jantung.



Melihat bahaya penyakit ini, Anda sangat disarankan untuk sering memeriksakan kadar kolesterol. Pasalnya, seiring waktu plak dari kolesterol bisa menumpuk di arteri koroner. Banyak orang tidak menyadari kondisi ini sampai mereka merasakan nyeri dada atau tanda serangan jantung lain.

2. Tekanan Darah Tinggi


Berikutnya ada tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk diketahui, hipertensi dan kolesterol juga saling berkaitan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)