4 Gejala Kanker Tulang yang Wajib Diwaspadai

Senin, 18 September 2023 - 18:27 WIB
loading...
4 Gejala Kanker Tulang yang Wajib Diwaspadai
Penyakit kanker menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja. Apa pun itu jenisnya, termasuk kanker tulang, tak bisa disepelekan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penyakit kanker menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja. Apa pun itu jenisnya, termasuk kanker tulang, tak bisa disepelekan.

Melansir laman Siloam Hospital, Senin (18/9/2023), kanker tulang merupakan kondisi di mana tumbuh tumor ganas sampai merusak jaringan tulang sehat. Tumor itu akan menimbulkan komplikasi seperti tulang melemah hingga fraktur atau patah tulang.

American Cancer Society menyebutkan, kanker tulang sebenarnya tidak umum terjadi. Gejala yang timbul pun kemungkinan disebabkan oleh kondisi lain, misalnya cedera atau radang sendi. Hanya, apabila gejala terasa berlangsung lama dan semakin parah, penting sekali untuk memeriksakan kondisi kepada dokter.



Lantas, apa saja gejala kanker tulang? Simak ulasannya berikut ini.

Gejala Kanker Tulang

Gejala yang dirasakan ketika mengidap kanker tulang bisa bermacam-macam. Namun, NHS Inform menyebut bahwa nyeri tulang merupakan gejala yang paling umum terjadi.

1. Nyeri

NHS Inform menjelaskan, nyeri akibat kanker tulang umumnya diawali dengan rasa sakit pada tulang yang terkena. Semakin lama, rasa nyeri berlangsung terus-menerus ataupun hilang timbul. Kemudian, pada malam hari serta waktu istirahat, nyeri pun berlanjut.

Mungkin rasa sakit ini sering kali dipikir sebagai radang sendi. Tapi, perlu diwaspadai apabila sakit dirasa tak kunjung membaik.

Tulang bagian mana pun bisa terserang kanker. Walaupun yang paling sering berkembang di bagian tulang panjang kaki atau lengan atas.

2. Pembengkakan

Gejala kanker tulang selanjutnya menurut American Cancer Society adalah timbul benjolan atau pembengkakan di area tulang tertentu. Ini mungkin baru akan muncul setelah area tersebut terasa nyeri.

Misalnya saja, kanker pada tulang leher, terkadang menyebabkan munculnya benjolan di bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya kesulitan menelan atau bernapas.


3. Fraktur

Disebutkan bahwa kanker tulang dapat membuat tulang menjadi lemah. Orang yang mengalami patah tulang melalui tumor tulang, biasanya mengalami nyeri parah yang tiba-tiba pada tulang, dan rasa sakitnya sampai berbulan-bulan.

4. Mati Rasa dan Kesemutan

Ketika terserang kanker tulang, bagian tulang belakang bisa menekan saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang. Imbasnya, seseorang bisa mengalami mati rasa, kesemutan, dan kelemahan pada beberapa bagian tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)