3 Air Rebusan untuk Melancarkan Haid, Gampang Meraciknya

Selasa, 19 September 2023 - 08:08 WIB
loading...
3 Air Rebusan untuk Melancarkan Haid, Gampang Meraciknya
Air rebusan untuk melancarkan haid cocok dikonsumsi wanita yang siklus bulanannya kurang lancar. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Air rebusan untuk melancarkan haid cocok dikonsumsi wanita yang siklus bulanannya kurang lancar. Air rebusan ini bisa berasal dari rempah ataupun dedaunan.

Haid merupakan siklus bulanan berupa keluarnya darah melalui vagina akibat terjadi peluruhan dinding rahim dikarenakan sel telur dalam organ reproduksi wanita tidak mengalami pembuahan. Normalnya, siklus haid atau menstruasi terjadi dalam kurun waktu 21–35 hari dengan periode haid 3-7 hari.

Namun, tak jarang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur karena pengaruh dari berbagai kondisi seperti pola hidup tidak sehat, stres, ataupun gangguan hormon. Pada keadaan seperti ini, minuman untuk melancarkan haid sering diandalkan.



Ada beberapa jenis minuman yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan siklus haid. Minuman ini bisa berasal dari tanaman herbal ataupun air rebusan rempah dan dedaunan.

Air rebusan menjadi "obat" alami pelancar haid yang bisa diandalkan. Lantas, air rebusan apa saja yang dapat digunakan untuk melancarkan haid? Berikut informasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/9/2023).

Air Rebusan untuk Melancarkan Haid

1. Air Jahe

Melansir Halodoc, mengonsumsi air rebusan jahe ternyata bisa membantu melancarkan siklus haid. Selain itu, jahe juga memiliki sifat antioksidan yang mampu meredakan kram atau gejala lain yang muncul ketika haid.

Selain direbus bersama air, jahe ini juga bisa dicampurkan ke dalam teh, lalu minum. Mengonsumsi teh jahe dapat membantu meredakan nyeri haid, mengurangi kembung, serta meredakan mual yang mungkin dialami saat menstruasi.


2. Kayu Manis

Campuran kayu manis dengan air rebusan bisa menjadi salah satu minuman yang baik untuk melancarkan haid. Kayu manis dicampur dengan teh hangat juga manjur. Selain melancarkan haid, minuman ini disebut dapat membantu mengurangi nyeri atau gejala lain yang timbul ketika menstruasi.

3. Peterseli

Peterseli atau parsley yang kerap dipakai sebagai bumbu masak ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan haid. Melansir situs Siloam Hospitals, daun peterseli mengandung myristicin yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan meningkatkan produksi hormon estrogen sehingga mampu melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

Peterseli dapat diracik dengan cara direbus pada air mendidih. Minuman ini bisa dikonsumsi 1–2 kali dalam sehari untuk membantu mengatasi gangguan siklus haid.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3306 seconds (0.1#10.140)