InaRI Expo 2023: Dari Riset dan Inovasi untuk Indonesia yang Lebih Baik

Rabu, 20 September 2023 - 13:16 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Project Manager Murtila Promosindo Damar Rusli mengatakan bahwa pihaknya selaku promotor InaRI Expo 2023 akan terus berupaya mendukung pencapaian riset dan inovasi di Indonesia melalu jalur penyelenggaraan event, diseminasi, serta penyampaian informasi kepada publik.

“Alhamdulillah InaRI Expo 2023 ini diikuti oleh 121 peserta pameran, dimana pesertanya beragam mulai dari lembaga riset dan inovasi, perguruan tinggi, industri otomotif, perusahaan penyedia jaringan dan telekomunikasi, perusahaan energi, perusahaan laboratorium, perusahaan pembiayaan, dan sebagainya,” kata Damar.

Sejalan dengan inovasi yang dilakukan BRIN dalam melaksanakan InaRI Expo 2023, pada kesempatan pameran ini juga akan digelar sejumlah event lainnya seperti: Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research Innovation Fair (IRIF), Halal Tech Expo 2022, Start Up Program PPBR BRIN (Program Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Riset), Indonesia Innovator Award yang merupakan penghargaan dari BRIN dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) guna mendorong para inovator untuk meningkatkan karyanya, APRSAF-29 (Forum Regional Space Agency), dan ada juga sesi business gathering.

Integrasi IEMS 2023
IEMS merupakan ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) menjadi salah satu pelopor dalam akselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Pertama kali digelar pada 2019, IEMS dihelat di Balai Kartini Jakarta, dilanjutkan dengan IEMS 2021 di BRIN Serpong, dan IEMS 2022 di JCC, telah sukses sukses menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle di Indonesia.

Irwan Rachman, Ketua Pelaksana IEMS 2023, mengatakan, tahun 2023, IEMS kembali hadir dan siap menggoda para pecinta otomotif nasional dengan mengusung tema 'Advance Technology Energy Storage for Electric Vehicle'.

“IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrikdan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia. Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik,” katanya.

Dia melanjutkan, IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama stakeholders sekaligus appresiasi kepada produsen kendaraan listrik serta perusahaan komponen pendukung atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini.

“Kegiatan ini juga akan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang inovasi dan teknologi kendaraan listrik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara,” kata Irwan.

Sejumlah merek otomotif dan bisnis pendukungnya ambil bagian dalam event ini, yaitu PT. Dharna Polimetal Tbk, PT. Astra Honda Motor (AHM), FIF Group, PT. SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), Koneversi Kendaraan Listrik (Paviliun Kementerian ESDM), PT. Honda Prospect Motor, PT. Mandiri Tunas Finance, PT. Yifang Kargo Mutiara Elektronik, PT. Semesta Motor Indonesia, PT. Volex Indonesia, PT. Mitra Metal Perkasa, Selis, Kosmik, Elektrik Rakyat Indonesia (ERI), dan Alva Motor.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)