4 Ciri-Ciri Roti yang Sehat untuk Tubuh, Jangan Salah Pilih!

Kamis, 21 September 2023 - 08:40 WIB
loading...
4 Ciri-Ciri Roti yang Sehat untuk Tubuh, Jangan Salah Pilih!
Roti menjadi salah satu asupan makanan bernutrisi yang sering dijadikan menu makan pagi atau sarapan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Roti menjadi salah satu asupan makanan bernutrisi yang sering dijadikan menu makan pagi atau sarapan. Selain itu, roti juga kerap digunakan untuk mengganjal perut di kala tidak sempat untuk makan makanan berat.

Namun, penting sekali memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti sebelum mengonsumsinya secara rutin. Pilihlah roti sehat yang terbaik untuk tubuh.

Hal tersebut sangat penting agar nutrisi dalam roti benar-benar memberikan manfaat untuk tubuh. Jangan sampai roti yang kita konsumsi secara rutin malah membuat tubuh kita sakit.



Untuk itu, sebelum membeli roti hendaklah membaca komposisi yang tertera pada kemasan. Kemudian, perhatikan ciri-ciri roti sehat terbaik yang dikutip dari laman Real Simple pada Kamis (21/9/2023) berikut ini.

1. Terbuat dari 100% Biji-Bijian

“Sekilas, tanda roti yang sehat adalah pada kemasannya tertulis '100 persen gandum utuh', atau terdapat cap Yellow Whole Grains yang menunjukkan bahwa roti tersebut mengandung 100 persen biji-bijian utuh. Ini menguntungkan karena biji-bijian mengandung nutrisi penting seperti vitamin B dan serat," kata Caitlin Carr, MS, RD, ahli diet terdaftar yang berbasis di Portland, AS.

Biji-bijian menawarkan lemak tak jenuh untuk tubuh seperti protein, seng, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, selenium, vitamin E, dan senyawa tanaman. Kandungan ini bekerja sama untuk mendukung kesehatan tulang, kekebalan tubuh , dan masih banyak hal baik lainnya.

Faktanya, mengonsumsi biji-bijian juga dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker, jantun, dan diabetes tipe 2. Untuk itu, penting sekali mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian.

2. Komposisi Bahannya Sedikit

Jenis roti yang paling sehat biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang relatif sedikit dan mudah dikenali. Banyak roti yang kurang bergizi, terutama roti yang umur simpannya terlalu lama karena mengandung banyak bahan tambahan dan pengawet.

Salah satu cara mengenali roti yang ingin Anda beli aman atau tidak, cobalah membaca komposisinya. Jika dianggap sulit untuk dibaca, kemungkinan besar itu bahan-bahan yang berbahaya.


3. Kandungan Gulanya Rendah atau Tanpa Tambahan Gula

Jika ingin mengonsumsi roti yang sehat, Anda juga perlu mengecek kandungan gula yang ada dalam roti yang Anda konsumsi. Pilihlah roti dengan kandungan gula rendah atau tanpa tambahan gula sama sekali.

Kini banyak produsen roti menggunakan gula tambahan dalam bentuk gula tebu, madu, molase, dan sirup. Tidak hanya untuk menambah rasa, namun juga memberi makan ragi kering aktif lebih cepat dan mempercepat proses ragi.

4. Mengandung 3 Gram Protein

Roti yang benar-benar sehat memiliki setidaknya tiga gram protein per irisan. Bahkan, beberapa roti paling lezat menawarkan lebih dari lima gram protein per irisan.

Kandungan protein ini bagus untuk tubuh kita. Protein mendukung kesehatan kita dalam banyak cara. Tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, protein juga merupakan kunci dalam membangun dan memelihara setiap struktur tubuh, mulai dari otot dan kulit hingga organ vital.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)