Perbedaan Roti Gandum dan Roti Tawar, Mana yang Lebih Sehat?

Rabu, 22 Februari 2023 - 05:09 WIB
loading...
Perbedaan Roti Gandum dan Roti Tawar, Mana yang Lebih Sehat?
Perbedaan roti gandum dan roti tawar, mana yang lebih sehat? Spekulasi ini kerap beredar di tengah masyarakat. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan roti gandum dan roti tawar , mana yang lebih sehat? Spekulasi ini kerap beredar di tengah masyarakat. Lantas, seperti apa faktanya, benarkah demikian?

Perlu diketahui bahwa roti gandum utuh terbuat dari semua komponen biji-bijian sedangkan roti tawar terbuat dari tepung olahan.

Alhasil, roti gandum 100% biasanya lebih sehat daripada roti tawar, karena mengandung lebih banyak serat, memiliki nilai gizi lebih tinggi, dan mungkin memiliki lebih sedikit kalori.

Baca juga: Istana Kekaisaran Tokyo, Bekas Benteng Edo Keturunan Tokugawa yang Terawat hingga Kini

Namun, roti tawar justru bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda memiliki gangguan pencernaan, karena jumlah serat yang lebih sedikit dapat membuat perut Anda lebih nyaman.

Fakta tersebut sebagaimana disampaikan Samantha Cassetty, MS, RD, seorang pakar nutrisi dan kesehatan, dalam laman Insider.

Perbedaan yang mendasari antara roti gandum dan roti tawar adalah perbedaan proses pembuatan yang menyebabkan perbedaan kandungan nutrisinya.

Roti gandum utuh secara tradisional dibuat dari gandum yang memiliki semua komponen biji-bijian, dedak, kuman, dan endosperma. Ini memungkinkan roti mempertahankan lemak, vitamin, mineral, dan serat yang sehat.

Pastikan untuk memilih produk yang mengatakan 100% gandum utuh, atau produk tersebut dapat dibuat sebagian dengan tepung olahan.

Roti tawar terbuat dari tepung olahan, yang melalui proses penggilingan untuk menghilangkan dedak dan kuman. Saat melewati proses ini, banyak nutrisi bermanfaat yang dikeluarkan dari tepung. Hanya tersisa endosperm bertepung, yang nilai gizinya rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)