Benarkah Stroke Jadi Penyebab Jatuh di Kamar Mandi? Begini Penjelasan Ahli

Kamis, 21 September 2023 - 11:01 WIB
loading...
Benarkah Stroke Jadi Penyebab Jatuh di Kamar Mandi? Begini Penjelasan Ahli
Banyak orang menilai bahwa jatuh di kamar mandi sering kali dikaitan dengan penyakit stroke. Benarkah demikian? Foto/ gulfnews.
A A A
JAKARTA - Jatuh di kamar mandi sering kali dikaitan dengan penyakit stroke . Padahal, tidak melulu demikian. Ada banyak factor saat seseorang jatuh di kamar mandi.

Rizal Do, Healthy Lifestyle Educator menjelaskan jatuh di kamar mandi atau di luar kamar mandi itu merupakan hal yang tidak jauh berbeda.

“Sama halnya dg jatuh di tempat lain, risiko jatuh di kamar mandi ya sebenarnya sama saja,” kata Rizal Do dikutip dari akun Twitter @afrkml pada Kamis (21/9/2023).



Namun, hal yang membedakan saat seseorang terjatuh dan mengalami cedera serius, jatuhnya tidak bisa jadi penyebab langsung stroke, jika later on ternyata didiagnosis terkena stroke .

Dijelaskan Rizal, Hipertensi lah yang justru menjadi faktor risiko terbesar terjadinya stroke. Namun masalahnya, sebagian besar masyarakat kurang terdiagnosis dan masih banyak dari penderita justru tidak merasakan gejala.

“Akibatnya, ketika terjatuh di kamar mandi, hipertensi memperparah kondisi,” ucap Rizal.

Penyebab lain dalam situasi saat korban jatuh di kamar mandi, yaitu pada bagian kepala bisa saja terbentur benda keras sehingga terjadi trauma kepala.

Apabila hal itu terjadi, perdarahan intrakranial (dalam otak) bisa saja terjadi dan membuat peningkatan tekanan di dalam tengkorak sehingga memengaruhi fungsi otak.
Benarkah Stroke Jadi Penyebab Jatuh di Kamar Mandi? Begini Penjelasan Ahli


Pada kasus yang lebih parah, cedera macam ini bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, penting memeriksakan diri untuk menegecek adanya perdarahan tersembunyi perlu dilakukan, meski merasa baik-baik saja setelah jatuh, apalagi jika mengalami membenturan keras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)