Waspada! Ini Daftar Kandungan Berbahaya dalam Skincare

Kamis, 21 September 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
“Nah dari hal-hal seperti ini dan apalagi yang di luar BPOM yang di luar BPOM kadang-kadang kita bisa ketemu mercury yang kategorinya obat kadang-kadang kita bisa ketemu steroid, kita bisa ketemuan hydrogen tinggi yang dilakukan tanpa pengawasan dokter,” ujar dia.

Kandungan-kandungan obat yang digunakan secara bebas tanpa resep dokter itu tentu bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kulit bahkan kesehatan.

Salah satu efek penggunaan kosmetik yang mengandung streroid yakni bisa memicu pertumbuhan bulu-bulu alias rambut di kulit yang semakin lebat.

“Sehingga yang kamu temukan di tempat praktek kadang-kadang banyak efek-efek samping seperti misalnya efek samping steroid mukanya jadi buluan jadi bulunya jadi panjang-panjang kedua betul ada kumisnya,” tutur dia.



Efek lain dari kosmetik yang mengandung steroid, yakni bisa menimbulkan berbagai masalah di kulit. Mulai dari timbulnya strechmark, merah-merah, hingga iritasi karena kulit yang semakin menipis.

“Ada juga obag pemutih yang diminum padahal memiliki kandungan steroid kemudian bisa menimbulkan stretch marks, merah-merah, gurat-gurat besar-besar kayak harimau, terus habis itu tidak bisa hilang,” ucapnya.

“Kedua, kulitnya bisa jadi tipis jadi kalau kita lihat kulit mukanya tipis, semua urat-urat dan lain-lain, kemudian lebih mudah infeksi dan lain-lain. Hal ini tuh susah sekali untuk dikembalikan, kemudian ada mau menghilangkan flek, tapi malah jadi flek permanen,” ujar dr. Arini.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)