5 Ikan Tinggi Omega 3 yang Mampu Tekan Kadar Kolesterol Jahat

Jum'at, 22 September 2023 - 04:04 WIB
loading...
5 Ikan Tinggi Omega 3 yang Mampu Tekan Kadar Kolesterol Jahat
Ikan ternyata dapat menekan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kolesterol mengintai orang-orang yang mempunyai pola hidup tidak sehat. Makan makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak menjadi salah satu pemicunya.

Makanan penurun kolesterol lazim ditemui pada sayuran, buah, atau tumbuhan herbal. Jarang diketahui bahwa ikan pun ternyata dapat menekan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Ikan ini mengandung kandungan omega 3 yang tinggi.

Omega 3 dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko pembekuan darah. Bagi yang mempunyai riwayat jantung, asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko kematian mendadak. Cara kerja omega 3 dalam menekan kolesterol adalah membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).



American Heart Association merekomendasikan untuk setidaknya mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu untuk kesehatan. Pilihlah cara memasak yang tepat agar menghindari tambahan lemak yang tak sehat seperti memanggang dan menggoreng dengan minyak yang banyak.

Berikut 5 jenis ikan tinggi omega 3 yang bisa menekan kadar kolesterol jahat.

1. Tuna

Ikan tuna memiliki kadar kalium yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, ikan tuna juga mengandung kolesterol yang baik (LDL) dan asam lemak omega 6. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengurangi risiko kolesterol.

2. Makarel

Kandungan gizi di dalam ikan makarel beraneka ragam seperti protein, omega 3, vitamin, dan mineral. Beberapa jenis kandungan gizi tersebut terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah yang tinggi, meningkatkan kesehatan pada tulang, membantu menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko depresi.


3. Salmon

Kolesterol erat kaitannya dengan penyakit jantung. Maka itu kita juga harus menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi ikan salmon. Salmon mempunyai lemak tak jenuh yang dapat menekan kadar kolesterol. Selain itu juga mengandung niasin, magnesium, omega 3, vitamin D, vitamin B-12, dan vitamin B6.

4. Haring

Ikan haring terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Ikan haring mengandung omega 3, vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalium, kalsium, lemak tak jenuh, dan juga zat besi. Kandungan gizi tersebut sangat baik untuk kesehatan.

5. Trout

Trout merupakan ikan yang mengandung omega 3 yang baik untuk menekan kadar kolesterol. Tak hanya itu, ikan ini juga rendah merkuri. Omega 3 ampuh untuk menjaga kadar kolesterol. Ikan trout juga dapat menjaga kesehatan organ hati manusia. MG/Stevhani Tobing
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)