Makanan Terbaik untuk Penderita Ginjal, Berkaca dari Kanker yang Dialami Vidi Aldiano

Sabtu, 23 September 2023 - 17:06 WIB
loading...
Makanan Terbaik untuk Penderita Ginjal, Berkaca dari Kanker yang Dialami Vidi Aldiano
Vidi Aldiano curhat soal penyakit ginjal yang dialami. Sementara, penderita ginjal harus memerhatikan asupan karena ginjal akan mengalami kesulitan memprosesnya. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA – Vidi Aldiano curhat di media sosial tentang terapi kanker ginjal yang dialami, di mana kanker yang ada dalam tubuhnya sudah menyebar ke beberapa bagian titik. Kondisi ini mengharuskannya menjalani terapi.

“Gue harus terus bisa living my life dan bonusnya semoga terus bisa berkarya untuk bisa kasih senyuman ke kalian semua,” tulis Vidi dikutip dalam Instagram miliknya @vidialdiano.

Berkaca dari kasus yang dialami Vidi Aldiano , sebetulnya makanan seperti apa sih yang baik untuk penderita ginjal?



Dilansir laman Healthline pada Sabtu (23/9/2023), pada beberapa penderita mungkin akan melakukan perawatan khusus. Biasanya makanan yang diberikan pun rendah natrium, fosfor dan kalium. Pembatasan diet makanan tergantung dari tingkat kerusakan ginjal itu sendiri.

Meski pantangan makanan akan berbeda, penderita ginjal biasanya perlu membatasi nutrisi karena ginjal akan mengalami kesulitan mengeluarkan atau memprosesnya. Berikut ini deretan makanan yang dapat menyehatkan ginjal .

Makanan untuk Penderita Ginjal

1. Putih telur

Putih telur menyediakan sumber protein tinggi yang ramah untuk ginjal, dan rendah akan fosfor, sehingga menu ini dapat menjadi pilihan untuk penderita ginjal.

Makanan Terbaik untuk Penderita Ginjal, Berkaca dari Kanker yang Dialami Vidi Aldiano

2. Kembang kol

Memiliki kandungan banyak nutrisi, kembang kol mempunyai kandungan vitamin K, folat, dan serat yang baik untuk antioksidan dan senyama anti inflamasi.

3. Ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit memiliki lebih sedikit lemak dan fosfor. Karena pada 140 gram dada ayam tanpa kulit mengandung setidaknya 104 mg natrium, 358 mg kalium, 319 fosfor, dan 44 gram protein.


4. Blueberry

Dikenal dengan buah yang memiliki antosianin, blueberry dapat melindungi penderita untuk melawan penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya.

5. Paprika

Paprika mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin A dan C serta antioksidan lainnya. Nutrisi ini menjadi lebih penting untuk memenuhi fungsi kekebalan tubuh terkait penyakit ginjal yang diderita.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)