10 Obat Tradisional untuk Menghilangkan Keputihan, Alami dan Mudah Didapat

Rabu, 27 September 2023 - 16:07 WIB
loading...
10 Obat Tradisional untuk Menghilangkan Keputihan, Alami dan Mudah Didapat
Ada juga sejumlah obat tradisional untuk menghilangkan keputihan yang bahannya alami. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Keputihan tidak hanya dapat disembuhkan dengan obat-obatan dari dokter saja. Ada juga sejumlah obat tradisional untuk menghilangkan keputihan yang bahannya alami dan mudah didapatkan.

Keputihan merupakan munculnya cairan dari vagina yang bisa bersifat normal dan tidak normal. Keputihan tidak normal bisa berpengaruh pada kesehatan vagina. Adapun ciri-cirinya menimbulkan bau tidak sedap dengan volume yang lebih banyak dan berwarna.

Dilansir dari laman Kemenkes, keputihan tidak normal biasa disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi bakteri, seperti vaginosis bakterialis, gonore, dan chlamydia. Ada juga infeksi parasit seperti trikomoniasis.



Untuk mengobatinya, bisa menggunakan beberapa bahan tradisional yang dipercaya dapat mengatasi keputihan. Berikut ini beberapa jenis obat-obatan tradisional yang dapat digunakan.

10 Obat Tradisional untuk Keputihan


1. Daun Sirih

10 Obat Tradisional untuk Menghilangkan Keputihan, Alami dan Mudah Didapat


Dalam beberapa penelitian disebutkan jika daun sirih memiliki efek antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat daun sirih menjadi salah satu obat tradisional yang bisa mengatasi keputihan.



Caranya dengan direbus dan dikonsumsi air rebusannya. Anda juga dapat membalurkan air rebusan tersebut ke area kewanitaan.

2. Kunyit


Rempah yang biasa dijadikan sebagai jamu tradisional oleh masyarakat Indonesia ini juga bisa menjadi obat untuk keputihan. Cara menggunakannya adalah dengan dikonsumsi sebagai jamu atau dioleskan pada area kewanitaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)