Cara Mengatasi Keputihan, Perhatikan 3 Hal Ini!

Rabu, 29 Desember 2021 - 23:39 WIB
loading...
Cara Mengatasi Keputihan, Perhatikan 3 Hal Ini!
Wanita perlu waspada ketika cairan keputihan mengalami perubahan dari segi warna, tekstur, dan bau. Foto Ilustrasi/Efelya
A A A
JAKARTA - Keputihan sebenarnya adalah sesuatu yang normal. Dengan keluarnya lendir dari vagina, hal ini akan menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan. Namun, ada pula keputihan yang tidak normal.

Wanita perlu waspada ketika cairan keputihan mengalami perubahan dari segi warna, tekstur, dan bau. Melansir kanal YouTube Dokter Fransiska Di Perancis, seorang wanita harus segera memeriksaan kesehatan vagina ke dokter apabila keputihan sudah menunjukkan warna hijau, kuning, dan merah.

Selain itu, ada juga tanda lain seperti bau menyengat, gatal, iritasi, dan sering terjadi flek di luar waktu menstruasi.



Pengobatan masalah keputihan tidak bisa sembarang karena keputihan tidak normal punya penyebab yang berbeda. Untuk itu pemeriksaan ke dokter sangat diperlukan.

Menurut Dokter Fransiska, pengobatan keputihan harus berada di bawah pengawasan dokter.

"Jangan coba mengobati sendiri jika tidak tahu persis apa penyebabnya" ujar dr. Fransiska, dikutip Rabu (29/12/2021).

Dokter Fransiska menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengobatan yang diberikan dokter berjalan maksimal sehingga keputihan tak datang lagi.

1. Menjaga Kebersihan

Walaupun sudah diberikan obat oleh dokter, kebersihan harus tetap dijaga. Jika tidak, masalah keputihan akan datang lagi. Berikut ini cara merawat kebersihan vagina yang baik dan benar menurut dr. Fransiska
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)