4 Gejala Depresi Ringan, Sering Terjadi Sehari-hari

Jum'at, 29 September 2023 - 09:33 WIB
loading...
4 Gejala Depresi Ringan, Sering Terjadi Sehari-hari
Depresi merupakan hal yang umum yang terjadi, tapi banyak orang mudah mengabaikannya atau bisa juga salah didiagnosis. Nah, akan bahaya jika tidak ditangani. Foto/ yourtango.
A A A
JAKARTA - Depresi merupakan hal yang umum. Hal ini yang membuat banyak orang dengan mudah mengabaikannya atau bisa juga salah didiagnosis. Nah, akan berbahaya jika tidak ditangani.

Orang-orang dapat menjalani kehidupan normal dengan depresi, jika mereka mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, namun sulit bagi banyak orang untuk mengakui bahwa mereka memiliki masalah kesehatan mental .

Depresi memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara yang subjektif bagi setiap penderitanya, meski Anda mungkin mengetahui gejala fisik depresi.



Ada beberapa tanda umum yang tidak boleh diabaikan. Dilansir yourtango pada Jumat (29/9/2023), Dr. Rafael Euba, konsultan psikiater dari The London Psychiatry Centre mengatakan ada beberapa tanda depresi yang harus diwaspadai.

Gejala Depresi

1. Hilangnya minat

Ketidakmampuan untuk menikmati hal-hal yang dulu Anda sukai, ditambah dengan hilangnya minat pada aktivitas sosial yang biasa Anda lakukan, seperti menghabiskan waktu bersama teman, adalah salah satu sinyal utama bahwa Anda menarik diri.

Anda ingin bersemangat dengan hobi Anda dan orang-orang dalam hidup Anda, tetapi Anda sepertinya tidak peduli.

4 Gejala Depresi Ringan, Sering Terjadi Sehari-hari

2. Kelelahan dan sulit tidur

Disadari atau tidak, beban pikiran dan kekhawatiran di benak Anda bisa berujung pada sulit tidur dan susah tidur karena Anda tidak mampu melakukannya. Yang ingin Anda lakukan hanyalah pergi tidur dan melarikan diri dari dunia untuk sementara waktu, tetapi pada saat yang sama, Anda tidak dapat tidur karena semua pikiran di kepala.

3. Reaksi mental yang berlebihan

Meski Anda mungkin merasa acuh tak acuh dan merasa tidak gembira, Anda mungkin menyadari bahwa reaksi Anda terhadap berita negatif menghasilkan reaksi yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan semakin meningkatnya reaksi emosional atau keasyikan terhadap masalah tersebut. Rasanya semuanya membuatmu marah.


4. Pesimisme yang terus-menerus

Meski perasaan putus asa, mudah tersinggung dan sedih adalah bagian dari pengalaman manusia, kunci untuk mengenalinya sebagai gejala dari masalah yang lebih dalam adalah dengan menyadari kapan perasaan tersebut berlangsung lebih lama dari biasanya, selama berminggu-minggu atau beberapa hari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)