Manfaat Ketumbar Selain untuk Masakan, Bisa Menurunkan Kolesterol

Jum'at, 29 September 2023 - 11:05 WIB
loading...
Manfaat Ketumbar Selain untuk Masakan, Bisa Menurunkan Kolesterol
Ketumbar adalah ramuan serbaguna yang tidak hanya sekadar menambah kelezatan makanan, juga baik untuk kesehatan. Foto/ hindustran times.
A A A
JAKARTA - Ketumbar adalah ramuan serbaguna yang tidak hanya sekadar menambah kelezatan makanan, juga baik untuk kesehatan.

Ketumbar merupakan rempah kuno yang dipercaya untuk berbagai keperluan pengobatan dan kuliner sejak dahulu kala.

Pada zaman dahulu, orang Mesir dan Yunani menggunakan ketumbar untuk mengobati gangguan pencernaan, kolesterol tinggi dan banyak penyakit lain. Di Roma, ketumbar digunakan untuk membumbui roti, sedangkan di Babilonia kuno, ketumbar digunakan untuk mengharumkan taman.



Ketumbar adalah ramuan dan rempah-rempah. Daunnya (ramuan) dikenal sebagai daun ketumbar di Amerika Utara dan sebagai 'peterseli Cina' dalam masakan Asia. Bijinya digunakan sebagai bumbu. Daun dan bijinya memiliki rasa yang berbeda dan tidak dapat digunakan sebagai pengganti satu sama lain.

Ketumbar merupakan pembangkit tenaga senyawa alami yang secara efektif dapat memerangi kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan dan serat makanannya yang kaya memainkan peran penting dalam mengurangi LDL atau kadar kolesterol 'jahat'.

Ketumbar mengandung fitosterol, yaitu senyawa tanaman yang terbukti dapat melawan kolesterol tinggi, menghambat penyerapan kolesterol di usus.
Manfaat Ketumbar Selain untuk Masakan, Bisa Menurunkan Kolesterol


“Tindakan ini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam aliran darah, mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung," kata Dr. Jayati Rakhit, ahli jantung intervensi senior di Rumah Sakit Ohio di Newtown, Kolkata, dikutip hindustan times pada Jumat (29/9/2023) .

Ramuan ketumbar bertindak sebagai diuretik. Penelitian juga menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol berbahaya (LDL) sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan pencegahan penyakit arteri koroner.

Ketumbar Atasi Kolesterol



Memasukkan ketumbar ke dalam makanan sehari-hari Anda bisa terasa lezat dan menyehatkan jantung. Anda bisa menambahkan daun ketumbar segar ke dalam salad, sup, dan tumis untuk menambah rasa dan nutrisi.

Ketumbar bubuk bisa digunakan sebagai bumbu dalam masakan, menjadi variasi hidangan, memberikan rasa hangat dan jeruk pada makanan.

“Untuk mendapatkan manfaat penurunan kolesterol yang maksimal, pertimbangkan ketumbar sebagai bagian dari diet seimbang yang mencakup makanan sehat jantung lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian,” tutur dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)