5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki, Nomor 1 Membantu Mengatur Sistem Saraf

Jum'at, 29 September 2023 - 11:33 WIB
loading...
5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki, Nomor 1 Membantu Mengatur Sistem Saraf
Berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh dan mental. Rasakan manfaatnya. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh dan mental. Jadi, cobalah untuk pergi ke taman saat waktu senggang, kemudian rasakan manfaatnya untuk tubuh.

Mengutip Pinkvilla pada Jumat (29/9/2024), berikut ini manfaat berjalan tanpa alas kaki untuk tubuh yang perlu diketahui.


Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

1. Membantu mengatur sistem saraf

Ketika tubuh Anda bersentuhan langsung dengan permukaan bumi, fenomena pertukaran elektron menempatkan tubuh Anda ke dalam keadaan penyembuhan.

Penelitian menyatakan ketika elektron bebas bergerak dari permukaan bumi ke tubuh Anda, maka akan meningkatkan kesehatan konduktif Anda, transmisi elektron di dalam otot, saraf, dan jaringan lainnya. Ini mungkin memiliki implikasi positif pada sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat dan perifer, dan sistem muskuloskeletal.

Studi lain juga menyatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki di muka bumi ini secara signifikan mempengaruhi aktivitas listrik otak Anda.

2. Meningkatkan kemampuan melihat

Penelitian menyatakan, berjalan tanpa alas kaki di alam bebas membantu titik refleks (akupunktur) pada kaki Anda terhubung ke saraf optik secara langsung. Hal ini dapat membantu meningkatkan penglihatan yang baik. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga membuat titik-titik spesifik di jari-jari kaki Anda ini dapat diaktifkan dan menjalankan fungsi fisiologis untuk meningkatkan penglihatan.
5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki, Nomor 1 Membantu Mengatur Sistem Saraf

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu manfaat terbesar berjalan tanpa alas kaki adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Ketika elektron bebas bergerak dari permukaan bumi ke tubuh Anda melalui titik akupunktur dan selaput lendir, maka tubuh menyerap dan menyumbangkan elektron ini ke area yang membutuhkan dukungan kekebalan.

Bahkan penelitian menjelaskan, ketika kita tidak berjalan di alam bebas tanpa alas kaki, maka dapat menyebabkan peningkatan penyakit terkait peradangan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya elektron yang cukup dalam tubuh sehingga melemahkan mitokondria (bertanggung jawab untuk produksi energi) dan secara bertahap menyebabkan kelelahan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Ketika berjalan tanpa alas kaki, elektron bebas memasuki tubuh Anda. Keadaan ini memiliki banyak manfaat fisiologis positif bagi tubuh Anda. Elektron ini mungkin memiliki efek antioksidan dan menormalkan ritme kortisol harian.

Menurut penelitian, perubahan positif pada kadar kortisol mencerminkan ritme sirkadian yang lebih sehat dari sumbu HPA dalam tubuh Anda. Hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih lebih baik. Maka dari itu, berjalan tanpa alas kaki dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur.


5 Mengurangi kecemasan

Selain untuk kesehatan tubuh, berjalan tanpa alas kaki bermanfaat bagi kesehatan mental berupa mengurangi kecemasan dalam diri. Menurut sebuah penelitian, hanya satu jam berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan suasana hati Anda. Selain itu, ketika radikal bebas bergerak dari permukaan bumi ke tubuh Anda, maka membantu mengurangi kerentanan stres.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)