4 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Gula Darah

Rabu, 26 Juli 2023 - 23:00 WIB
loading...
4 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Gula Darah
Manfaat cokelat hitam bagi penderita diabetes sangat beragam. Cokelat hitam menjadi salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat cokelat hitam bagi penderita diabetes sangat beragam. Cokelat hitam menjadi salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes lantaran kandungan di dalamnya.

Pada umumnya, penderita diabetes memang punya pantangan untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula. Ini karena bisa mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, beda cerita bila berbicara tentang cokelat hitam. Sebab, makanan yang identik dengan rasa pahit ini memang aman untuk penderita diabetes, tidak seperti cokelat susu dan cokelat putih yang punya rasa manis.

Manfaat Cokelat Hitam Bagi Penderita Diabetes



Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan cokelat hitam pada penderita diabetes dilansir dari Everyday Health, Rabu (26/7/2023).



1. Perbaiki Sel yang Rusak Akibat Radikal Bebas


Cokelat hitam diketahui kaya akan kandungan flavonoid, tidak seperti coklat susu dan putih. Flavonoid yang merupakan antioksidan ini dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

2. Turunkan Gula Darah


Flavonoid dalam cokelat hitam juga berperan untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan hipertensi, sekaligus menurunkan kadar gula darah. Senyawa antioksidan dalam cokelat hitam juga dapat menyehatkan jantung, mengingat penderita diabetes berisiko dua kali lipat terkena penyakit ini.



3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin


Cokelat hitam juga punya peran dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan dapat membantu mencegah kadar gula darah pada pasien diabetes supaya tidak melonjak. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan flavonoid yang ada dalam cokelat hitam.

4. Kenyang Lebih Lama


Dengan kenyang lebih lama, penderita diabetes nantinya secara teratur akan mengurangi konsumsi makanan manis yang berbahaya bagi mereka. Karena itulah cokelat ini kerap dipilih sebagai camilan orang yang ingin menurunkan berat badan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)