Cuaca Panas Terik, Ini 4 Makanan Kaya Air untuk Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:51 WIB
loading...
Cuaca Panas Terik, Ini 4 Makanan Kaya Air untuk Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi
Meskipun air minum sangat penting, Anda juga bisa kok mendapatkan cairan dari makanan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kurang minum air putih menyebabkan dehidrasi yang bisa berujung pada kondisi kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, ataupun detak jantung yang cepat. Selain itu, dehidrasi yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kegagalan organ.

Para ahli umumnya merekomendasikan minum beberapa gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kita. Meskipun air minum sangat penting, Anda juga bisa kok mendapatkan cairan dari makanan.

Ada banyak makanan sehat yang dapat menyumbangkan banyak air. Berikut adalah beberapa makanan kaya air yang akan membantu tubuh tetap terhidrasi, seperti dikutip dari Healthline, Minggu (1/10/2023).


1. Semangka

Semangka sangat sehat dan salah satu makanan paling menghidrasi yang bisa Anda konsumsi. Dalam 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air, selain beberapa serat dan nutrisi penting lain seperti vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Semangka juga cukup rendah kalori. Buah ini hanya menyediakan 46 kalori per cangkir.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka mempunyai kepadatan kalori yang sangat rendah. Artinya, porsi semangka yang relatif besar hanya mengandung sedikit kalori. Selain itu, semangka kaya akan antioksidan yang kuat, termasuk likopen.

2. Jeruk

Jeruk sangat menyehatkan dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Terdapat hampir 118 ml air dalam satu buah jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi lain.

Jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan serta kesehatan jantung. Air dan serat dalam jeruk mampu meningkatkan perasaan kenyang, yang berguna untuk mengendalikan nafsu makan.


3. Mentimun

Mentimun memiliki kadar air 95%. Mentimun merupakan salah satu makanan sehat dan menghidrasi yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet.

Mentimun hampir seluruhnya terdiri dari air dan juga menyediakan sejumlah kecil nutrisi seperti vitamin K, potasium, dan magnesium.

4. Selada

Selain mentimun, selada juga memiliki kandungan air sebanyak 96%. Selada punya beberapa khasiat yang meningkatkan kesehatan.

Selada juga menyediakan 5% dari kebutuhan folat harian. Folat ini penting bagi wanita hamil, karena dapat membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir tabung saraf.

Selain itu, selada kaya akan vitamin K dan A. Dua zat tersebut telah dipelajari perannya dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi air dan serat pada selada membuat jenis sayuran ini sangat mengenyangkan dengan jumlah kalori yang rendah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)