Latihan Ini Bisa Membantu untuk Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda

Minggu, 18 Juni 2017 - 23:30 WIB
Latihan Ini Bisa Membantu untuk Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda
Latihan Ini Bisa Membantu untuk Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari munculnya uban, hingga kulit yang mulai keriput. Namun baru-baru ini peneliti menemukan cara untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda.

Dilansir dari Men's Health, para peneliti dari Brigham Young University meneliti aktivitas dari 5.823 responden dewasa selama waktu 30 hari. Peneliti juga mengukur panjang telomer mereka. Telomer merupakan bagian dari DNA yang melindungi kromosom.

Seiring dengan pertambahan usia dan penuaan, telomer akan menjadi semakin pendek. Telomer yang lebih pendek dikaitkan dengan kanker dan risiko kesehatan lain.

Dari penelitian ini ditemukan, bahwa responden yang paling aktif, seperti rutin jogging 40 menit selama lima hari per pekan, memiliki telomer yang lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak aktif berolahraga. Ini sama seperti penundaan 9 tahun dari penuaan biologis.

"Olahraga tapi tidak rutin tampaknya tidak akan memberikan dampak nyata dalam memperlambat penuaan biologis. Manfaat ini didapat jika Anda berolahraga secara teratur," papar peneliti Larry Tucker, PhD.

Namun, para peneliti belum menemukan alasan di balik hubungan antara olahraga rutin dengan panjang telomer. Para peneliti menduga, bahwa aktif secara fisik bisa mengurangi peradangan pada tubuh.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)