5 Makanan Penurun Kolesterol secara Alami, Tomat Lebih Baik dari Alpukat

Selasa, 03 Oktober 2023 - 09:13 WIB
loading...
5 Makanan Penurun Kolesterol secara Alami, Tomat Lebih Baik dari Alpukat
Makanan penurun kolesterol banyak dicari. Apalagi, yang alami. Ini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Foto/ meredithcorp.
A A A
JAKARTA - Makanan penurun kolesterol banyak dicari. Apalagi, yang alami. Ini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Menariknya, tomat bisa lebih baik daripada alpukat. Namun, tetap dua makanan itu menjadi penting untuk menurunkan kolesterol .

Dikutip thehealthy pada Selasa (3/10/2023), berikut makanan penurun kolesterol secara alami.


Makanan Penurun Kolesterol

1. Almond

Segenggam almond mengandung 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu mengurangi kolesterol jahat , sekaligus meningkatkan jenis lemak baik.

Menikmati kacang almond daripada donat, keripik atau pretzel untuk dua kali camilan sehari dapat mengurangi kolesterol “jahat” hampir 10 persen.

Vitamin E alami dalam “daging” almond ditambah flavonoid dalam kulit tipis kacang ini juga membantu menghentikan perkembangan plak yang menyumbat arteri.

2. Alpukat

Dalam sebuah penelitian Instituto Mexicano del Seguro Social di Meksiko, wanita dan pria yang makan satu buah alpukat per hari selama seminggu mengalami penurunan kolesterol total sebesar 17 persen.

Meski kadar LDL dan trigliserida yang tidak sehat turun, kadar HDL yang baik justru meningkat—mungkin berkat tingginya kadar lemak tak jenuh tunggal “baik” dalam alpukat. Buah berlemak ini juga kaya akan beta-sitosterol yang mampu memotong kolesterol.

3. Tomat

Makan tujuh porsi atau lebih per minggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen dalam penelitian terbaru terhadap lebih dari 35 ribu wanita yang dilakukan oleh dokter di Rumah Sakit Brigham dan Wanita Boston.

Bisa jadi antioksidan likopen atau kadar vitamin C, potasium dan serat yang luar biasa dalam tomat. Memasak tomat selama 30 menit atau lebih akan meningkatkan kadar likopen yang tersedia. Dan 1/4 cangkir tomat yang dijemur memiliki lebih banyak tekanan darah – menurunkan potasium dibandingkan pisang ukuran sedang!


4. Salmon

Di antara ikan berlemak yang kaya omega-3, salmon adalah rajanya: Satu porsi mengandung sekitar 1,8 gram asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), omega-3 penting yang membantu mengurangi risiko detak jantung tidak berirama yang mematikan; mengurangi kolesterol jahat; peradangan dingin; dan bahkan dapat mencegah aterosklerosis dan pembentukan bekuan darah.

5. Oatmeal

Betaglucan, serat larut yang ditemukan dalam oat, bertindak seperti spons, menjebak asam empedu kaya kolesterol di usus dan menghilangkannya. Hasilnya adalah LDL “jahat” yang lebih rendah karena lebih sedikit kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah. Semangkuk besar oatmeal per hari (sekitar 1-1/2 cangkir) dapat mengurangi kolesterol tambahan 2 hingga 3 persen, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)