Marinasi Daging dengan Ampas Kopi? Bisa! Begini Caranya

Rabu, 04 Oktober 2023 - 06:30 WIB
loading...
Marinasi Daging dengan Ampas Kopi? Bisa! Begini Caranya
Kopi ternyata bisa digunakan sebagai bumbu marinasi daging. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kopi salah satu minuman favorit banyak orang saat ini. Melalui kopi, tubuh manusia mendapat banyak manfaat seperti menjaga kesehatan otak hingga berat badan. Di samping itu, ternyata kopi juga bisa digunakan sebagai bumbu marinasi daging lho.

“Kopi yang kaya rasa dan sedikit pahit dapat melengkapi serta menambah complexion rasa gurih pada resep marinasi daging,” kata pitmaster Rasheed Philips, runner-up di serial Netflix "The American Barbecue Showdown" dan pemilik Philips Barbeque Co, dikutip dari Huffpost, Rabu (4/10/2023).

Kopi dapat digunakan untuk melembutkan daging dan memberikan rasa gurih berkat kandungan tanin di dalamnya.



“Ada sejumlah teori, tetapi yang saya ikuti adalah tanin dalam kopi yang melunakkan daging. Tanin mengikat protein dan masuk di antara untaian protein,” terang Tiffany Swan, seorang koki profesional dan ilmuwan makanan.

Dalam kesempatan ini, Tiffany juga menjelaskan jika marinasi menggunakan kopi berpengaruh pada kelembutan daging tanpa menghilangkan juice yang ada pada daging tersebut. Di samping itu, bubuk kopi juga mampu meningkatkan cita rasa daging sehingga menjadi semakin lebih lezat untuk disantap.

Jika Anda ingin mencoba memarinasi daging dengan kopi, Philips menyarankan agar menambahkan bumbu lain bersama kopi. Dia menyarankan untuk mencampur beberapa bahan seperti garam, lada hitam, dan rempah segar untuk membuat gosok bumbu kopi sederhana.

Sementara Carlo Guardado, koki eksekutif di Herb & Sea di Encinitas, California, suka menggunakan lebih banyak rempah-rempah aromatik untuk dicampur dengan kopi buat daging rusa, bebek, atau domba. Dia juga gemar mencampur kopi dan cabai rawit, bersama dengan beberapa gula merah, bawang putih, dan bubuk bawang merah. Dengan demikian cita rasa daging akan menjadi sangat lezat.

Anda dapat menyesuaikan bahan rempah-rempah di atas sesuai dengan selera.

Sementara itu, Philips juga mengingatkan tentang waktu marinasi. Tentu hal ini sangatlah penting untuk mendapatkan rasa yang ideal.

“Untuk meningkatkan rasa dan kelembutan daging sapi, saya merekomendasikan untuk melakukan marinasi dalam waktu yang lama, idealnya semalaman hingga 24 jam penuh," kata Philips.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)