Ahli Sebut Tubuh Manusia Mampu Bersihkan BPA, Belum Ada Penelitian yang Temukan Kaitannya dengan Penyakit

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:00 WIB
loading...
Ahli Sebut Tubuh Manusia Mampu Bersihkan BPA, Belum Ada Penelitian yang Temukan Kaitannya dengan Penyakit
Belakangan ini di media sosial beredar informasi terkait BPA, termasuk yang digunakan pada galon air minum. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Belakangan ini di media sosial beredar informasi terkait BPA, termasuk yang digunakan pada galon air minum. Benarkah berbahaya bagi kesehatan?

Ahli kimia dan dokter berpendapat bahwa berbagai penelitian belum bisa memastikan kaitan BPA dengan berbagai penyakit. Selain BPA yang masuk umumnya berjumlah sedikit, tubuh kita sendiri memiliki mekanisme supercanggih untuk mengeluarkan zat zat kimia berbahaya yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

BPA dan zat lain yang tidak diperlukan oleh tubuh seperti zat pewarna, perisa, pengawet, jika dalam jumlah yang berlebihan akan dibuang oleh tubuh melalui sistem ekskresi melalui ginjal dan air keringat. Jadi, tidak sampai terakumulasi dalam tubuh sehingga tak akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Hal itu disampaikan dr. Laurentius Aswin Pramono, M Epid, SpDP-KEMD, dokter spesialis penyakit dalam serta konsultan subspesialis di bidang endokrinologi, metabolisme, dan diabetes.

“Jadi, kita harus hati-hati terhadap statement atau pernyataan yang tidak menyertakan bukti-bukti yang valid. Dalam berbagai studi tentang BPA, paparan bahan kimia yang tidak kita konsumsi secara sengaja kecil sekali kemungkinan untuk mencapai kadar yang mengganggu kesehatan,” bebernya.

Dokter Laurentius menerangkan, batas aman BPA menurut EFSA adalah 4 mikrogram per kilogram berat badan per hari. Sedang studi menunjukkan bahwa dalam air kemasan kemungkinan paparan BPA itu 0,01 persen atau 1 per 10 ribu.

“Artinya, kita membutuhkan 10 ribu air atau galon dalam sekali waktu atau sekali telan untuk bisa mencapai kadar yang tidak aman. Itu sesuatu yang mustahil dan tidak mungkin tercapai,” katanya.

Dokter Laurentius juga membantah bahwa air kemasan galon guna ulang bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas dan gangguan metabolisme. Menurut dia, penyakit-penyakit tersebut penyebabnya sangat banyak atau multifaktor dan tidak satu efek saja.

Dokter Laurentius menegaskan, paparan zat-zat kimia itu sangat kecil kemungkinan menyebabkan gangguan infertilitas atau gangguan metabolisme.

“Jadi, air mineral galon guna ulang aman dikonsumsi,” tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)