Mengenal Fungsi Plastik sebagai Wadah Pangan, Tak Sekadar untuk Kemas Makanan

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Sekadar informasi, jika disimpan di wadah thin wall yang tertutup rapat, daging ayam mentah dapat disimpan di kulkas hingga 1-2 hari. Sementara untuk menyimpan bumbu dapur kering pada suhu ruang dapat menggunakan botol PP (polypropylene), PE (polyethylene), atau kantung plastik PP yang tebal.

"Lebih bagus lagi jika kemasannya kedap terhadap uap air, gas, dan cahaya seperti kemasan multilayer dengan alufoil," saran Prof. Edhi.

“Sedangkan untuk daging yang sudah dibumbui jika masih mentah, umur simpannya kurang lebih sama dengan yg mentah tanpa bumbu. Mungkin bisa lebih lama sedikit karena efek bumbu beberapa ada yang memiliki aktivitas antimikroba alami. Memang sebaiknya untuk daging apa pun jenisnya, disimpan di freezer. Pada kondisi beku, daging dapat bertahan hingga 1 tahun. Tapi jika freezer kita suhunya lebih tinggi dari itu, umur simpannya hanya beberapa bulan, maksimal 4-5 bulan,” tambah Prof. Edhi.

Sementara itu, PT Chandra Asri sebagai perusahaan kimia produsen biji plastik, memiliki produk dengan mutu dan nilai keamanan tinggi untuk para konsumen. Seluruh produk biji plastik Chandra Asri telah memperoleh beragam sertifikat dari lembaga-lembaga kredible mancanegara seperti European Union Food Contact, US FDA Food Contact, dan Japanese Food Contact.

Sedangkan untuk regulasi dalam negeri, produk Chandra Asri juga sudah memenuhi standar food packaging control dari regulasi BPOM nomor 20 tahun 2019, Sertifikat SNI, dan Halal Compliance Certificate.

Chandra Asri saat ini memproduksi olefins (ethylene dan propylene) dan polyolefins (polyethylene dan polypropylene) atau biasa dikenal sebagai produk biji plastik yang nantinya dapat diproses oleh industri hilir untuk menjadi barang bermanfaat. Chandra Asri telah melayani berbagai sektor mulai dari consumer packaging, plastic packaging, otomotif, pipa PVC, dan PE perumahan sebagai penyedia bahan baku.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0556 seconds (0.1#10.140)