Tips Aman Konsumsi Jamur Enoki untuk Ibu Hamil dan Lansia, Paling Penting Masak hingga Matang

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:27 WIB
loading...
Tips Aman Konsumsi Jamur Enoki untuk Ibu Hamil dan Lansia, Paling Penting Masak hingga Matang
Kekhawatiran masyarakat mengonsumsi jamur enoki masih cukup tinggi. Ada tips yang bisa dilakukan. Foto/ wandercooks.
A A A
JAKARTA - Kekhawatiran masyarakat untuk mengonsumsi jamur enoki masih cukup tinggi. Hal ini dikarenakan bahaya bakteri listeria monocytogenes yang terkandung di dalamnya.

Centers for Disease Control Prevention and Prevention (CDC) pun memberikan tips dan rekomendasi agar jamur enoki tetap aman dikonsumsi, utamanya untuk ibu hamil dan lansia berusia 65 tahun ke atas atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Dikutip laman resmi CDC pada Jumat (6/10/2023), berikut tips aman konsumsi jamur enoki ala CDC.


1. Masak jamur enoki hingga matang

Listeria dapat tumbuh pada makanan yang disimpan di lemari es, namun mudah dibunuh dengan memanaskan makanan pada suhu yang cukup tinggi.

2. Pisahkan jamur enoki mentah dari makanan yang tidak akan dimasak

Hal ini mencegah penyebaran kuman listeria dari jamur enoki ke makanan yang tidak dimasak sebelum dimakan.

3. Cuci tangan usai memegang jamur enoki mentah

Bersihkan lemari es, wadah dan permukaan yang menyentuh jamur enoki mentah. Listeria dapat dengan mudah menyebar pada makanan, permukaan, dan tangan.

Selain beberapa tips di atas, jangan lupa hubungi tim medis atau layanan kesehatan jika Anda mengalami gejala penyakit listeria parah usai makan jamur enoki .

Orang yang tidak hamil biasanya mengalami demam, nyeri otot dan kelelahan. Mereka mungkin juga mengalami sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, atau kejang.

Orang hamil biasanya mengalami demam, nyeri otot dan kelelahan. Namun, listeria dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Hal ini dapat menyebabkan penyakit serius atau kematian pada bayi baru lahir.



Sebagai informasi, sejumlah tips dan saran di atas didasarkan pada beberapa kasus yang telah terjadi sebelumnya.

Misalnya, dua wabah listeria di beberapa negara bagian yang baru-baru ini dikaitkan dengan jamur enoki . Wabah ini menjadi wabah Listeria pertama yang diketahui di Amerika Serikat terkait dengan jamur enoki pada 2020.

Banyak sampel jamur enoki yang diuji dalam penyelidikan wabah ini terkontaminasi listeria. Beberapa sampel mengandung listeria dalam jumlah besar. kemudian, lebih dari 20 penarikan jamur enoki dilakukan sejak 2020 karena potensi kontaminasi listeria.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)