5 Minuman yang Bisa Memperlancar Buang Air Kecil, Hindari Kalau Tak Mau Sering ke Toilet

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:27 WIB
loading...
5 Minuman yang Bisa Memperlancar Buang Air Kecil, Hindari Kalau Tak Mau Sering ke Toilet
Beberapa jenis minuman diketahui memiliki sifat diuretik sehingga membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis minuman bisa memperlancar buang air kecil. Jenis minuman itu umumnya mengandung senyawa yang bersifat diuretik yang menyebabkan naiknya laju urinasi.

Keseringan buang air kecil tentu tidak mengenakkan, begitu pun sebaliknya. Ya, susah buang air kecil termasuk salah satu gangguan kesehatan lho. Kondisi tersebut akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman, bahkan kesakitan.

Salah satu gejala paling umum dari gangguan tersebut adalah ketika keinginan untuk buang air kecil sudah tak tertahankan, namun si urine cukup lama untuk keluar.



Jika Anda mengalami susah buang air kecil, hal itu tentu tidak boleh diabaikan. Sebab, kondisi tersebut bisa menimbulkan infeksi serta komplikasi ke organ-organ tubuh yang lain seperti ginjal dan kandung kemih.

Kalau sudah kesulitan buang air kecil, itu tandanya ada yang tidak beres pada tubuh Anda. Mengutip laman Alodokter, beberapa penyakit bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk pipis. Misalnya saja pembengkakan prostat, infeksi saluran kemih, terbentuknya batu di kandung kemih, atau rusaknya sistem saraf.

Gangguan tersebut tentu membutuhkan penanganan medis segera. Namun, bila kondisinya belum sampai ke masalah susah buang air kecil yang serius, Anda juga perlu tahu kalau asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan frekuensi ke toilet menjadi lebih sering, salah satunya minuman.

Ya, beberapa jenis minuman diketahui memiliki sifat diuretik. Kalau Anda hobi minum teh atau kopi dan setelahnya jadi sering ke toilet, jangan heran karena jenis minuman tersebut memang bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat.



Melansir laman WebMD, Sabtu (7/10/2023), berikut beberapa jenis minuman yang bisa membuat buang air kecil Anda lancar alias jadi sering ingin pipis.

1. Minuman berkafein seperti kopi, cola, minuman berenergi, dan teh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)
pixels